Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Hal yang Penting Diperhatikan Saat Berkendara di Musim Hujan

Kompas.com - 29/12/2021, 10:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di saat musim hujan, berkendara menggunakan mobil perlu memperhatikan banyak hal. Sebab, tak hanya permukaan jalan jadi licin, tapi juga karena banyak faktor lainnya.

Selain faktor jalanan, kondisi kendaraan juga perlu dipersiapkan secara detail sebelum digunakan. Sebab, pemeriksaan komponen dalam mobil dan penyesuaian cara berkendara dapat mengurangi risiko timbulnya gangguan ketika sedang dalam perjalanan.

Baca juga: Mulai Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning di Jalan Tol

Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan, curah hujan yang semakin tinggi membuat pengendara harus memberikan perhatian ekstra pada kendaraan.

Ilustrasi berkendara saat hujan.Larmoyeux & Bone Ilustrasi berkendara saat hujan.

"Selain melakukan pemeriksaan rutin mandiri di rumah, pengendara juga wajib memeriksakan kendaraannya ke bengkel resmi Suzuki yang tersedia di seluruh Indonesia," ujar Hariadi, dalam keterangan resminya.

Hariadi menambahkan, hal tersebut dilakukan agar masalah pada kendaraan ditangani orang yang tepat. Sehingga, berkendara menjadi lebih tenang.

Baca juga: Musim Hujan Banyak Jalan Berlubang, Ini Tips buat Pengendara Motor

Berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan pada musim hujan:

1. Kondisi Wiper dan Kaca Mobil
Wiper menjadi komponen yang harus diperhatikan sebelum kendaraan digunakan. Sebab, komponen ini yang menunjang visibilitas menjadi lebih baik saat hujan turun.

"Maka dari itu, penting untuk melakukan perawatan rutin seperti mengecek elastisitas karet serta komponen wiper. Selain itu, kaca mobil juga harus dijaga kejernihannya dengan dibersihkan secara teratur untuk mencegah timbulnya jamur," kata Hariadi.

Ilustrasi servis mobil di bengkel resmi SuzukiDok. SIS Ilustrasi servis mobil di bengkel resmi Suzuki

2. Sistem Kontrol Kendaraan
Memperhatikan sistem kontrol kendaraan menjadi bagian penting dan wajib ketika akan melakukan perjalanan, terutama saat musim hujan. Hariadi menyarankan, untuk memastikan sistem kemudi, rem, kopling, dan pedal gas dapat berfungsi dengan baik dan lakukan perawatan rutin di bengkel resmi Suzuki.

3. Lampu Kendaraan
Sebelum digunakan, Hariadi mengatakan, sebaiknya periksa lampu kendaraan apakah berfungsi dengan baik. Lampu kendaraan berfungsi untuk mempermudah melihat pengendara lain dengan jelas.

"Begitu juga sebaliknya, pengendara lain akan mudah melihat posisi kendaraan kita ketika berada di jalan saat hujan lebat. Lampu pada mobil terdiri dari lampu senja, lampu dekat, lampu jauh, lampu kabut, lampu rem, lampu mundur, dan lampu hazard," ujar Hariadi.

Ilustrasi servis mobil di bengkel resmi SuzukiDok. SIS Ilustrasi servis mobil di bengkel resmi Suzuki

4. Hindari Lewati Genangan Air yang Tinggi
Saat hujan deras, sebaiknya hindari jalanan yang ketinggian genangan airnya tidak dapat diprediksi.

"Hal ini dapat membuat kendaraan mengalami gangguan, seperti kerusakan pada mesin karena air pada genangan dapat berpotensi terhisap ke dalam komponen mesin. Sehingga dapat membuat mesin mati mendadak," kata Hariadi.

5. Kurangi Kecepatan Ketika Hujan
Mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi dapat membahayakan diri sendiri dan pengendara lainnya. Apalagi, risiko terjadinya aquaplaning juga meningkat.

Ilustrasi berkendaraa saat hujan.CarGuide.PH Ilustrasi berkendaraa saat hujan.

6. Jaga Jarak Dengan Kendaraan Lain
Selain mengurangi kecepatan, Hariadi menambahkan, pengendara juga harus memperhatikan jarak dengan kendaraan lainnya. Hal ini untuk mengurangi risiko tabrakan, apabila kendaraan kita atau kendaraan lain harus melakukan pengereman mendadak.

“Memperhatikan fungsi komponen kendaraan serta menyesuaikan teknik mengemudi dapat dilakukan untuk menghindari kejadian tak terduga," ujar Hariadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com