6 Hal yang Penting Diperhatikan Saat Berkendara di Musim Hujan

Kompas.com - 29/12/2021, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Di saat musim hujan, berkendara menggunakan mobil perlu memperhatikan banyak hal. Sebab, tak hanya permukaan jalan jadi licin, tapi juga karena banyak faktor lainnya.

Selain faktor jalanan, kondisi kendaraan juga perlu dipersiapkan secara detail sebelum digunakan. Sebab, pemeriksaan komponen dalam mobil dan penyesuaian cara berkendara dapat mengurangi risiko timbulnya gangguan ketika sedang dalam perjalanan.

Baca juga: Mulai Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning di Jalan Tol

Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan, curah hujan yang semakin tinggi membuat pengendara harus memberikan perhatian ekstra pada kendaraan.

Ilustrasi berkendara saat hujan.Larmoyeux & Bone Ilustrasi berkendara saat hujan.

"Selain melakukan pemeriksaan rutin mandiri di rumah, pengendara juga wajib memeriksakan kendaraannya ke bengkel resmi Suzuki yang tersedia di seluruh Indonesia," ujar Hariadi, dalam keterangan resminya.

Hariadi menambahkan, hal tersebut dilakukan agar masalah pada kendaraan ditangani orang yang tepat. Sehingga, berkendara menjadi lebih tenang.

Baca juga: Musim Hujan Banyak Jalan Berlubang, Ini Tips buat Pengendara Motor

Berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan pada musim hujan:

1. Kondisi Wiper dan Kaca Mobil
Wiper menjadi komponen yang harus diperhatikan sebelum kendaraan digunakan. Sebab, komponen ini yang menunjang visibilitas menjadi lebih baik saat hujan turun.

"Maka dari itu, penting untuk melakukan perawatan rutin seperti mengecek elastisitas karet serta komponen wiper. Selain itu, kaca mobil juga harus dijaga kejernihannya dengan dibersihkan secara teratur untuk mencegah timbulnya jamur," kata Hariadi.

Ilustrasi servis mobil di bengkel resmi SuzukiDok. SIS Ilustrasi servis mobil di bengkel resmi Suzuki

2. Sistem Kontrol Kendaraan
Memperhatikan sistem kontrol kendaraan menjadi bagian penting dan wajib ketika akan melakukan perjalanan, terutama saat musim hujan. Hariadi menyarankan, untuk memastikan sistem kemudi, rem, kopling, dan pedal gas dapat berfungsi dengan baik dan lakukan perawatan rutin di bengkel resmi Suzuki.

3. Lampu Kendaraan
Sebelum digunakan, Hariadi mengatakan, sebaiknya periksa lampu kendaraan apakah berfungsi dengan baik. Lampu kendaraan berfungsi untuk mempermudah melihat pengendara lain dengan jelas.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.