Berikut 4 Titik Rawan Macet di Kawasan Puncak Saat Malam Tahun Baru

Kompas.com - 29/12/2021, 08:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasan Puncak Cianjur, Jawa Barat, menjadi destinasi favorit masyarakat untuk menghabiskan momen Tahun Baru 2022.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Cianjur AKP Mangku Anom mengatakan, saat ini volume kendaraan mengalami kenaikan dan diprediksi akan melonjak hingga momen pergantian tahun.

Menurut Anom, terdapat empat lokasi di sepanjang jalur Puncak yang rawan kemacetan, yakni di perbatasan atau Puncak Pass, Simpang Hanjawar, Pasar Cipanas, dan Simpang Pegadaian.

Baca juga: Mantan Manager Suzuki Ungkap Perbedaan Paddock MotoGP dan F1

“Kita sudah menyiapkan dua tim pengurai, masing-masing jumlahnya empat sampai enam personel yang akan mobile di sepanjang jalur Puncak,” ucap Anom dikutip dari Kompas.com, Selasa (28/12/2021).

Guna membatasi mobilitas masyarakat dan mencegah penyebaran virus Covid-19, Anom mengatakan, sudah merencanakan sejumlah skenario rekayasa lalu lintas di jalur wisata tersebut.

Penerapan ganjil genap akan diberlakukan Polres Cianjur, Jawa barat, menjelang libur Natal dan tahun baru di sepanjang jalur utama Puncak-Cianjur, seperti beberapa waktu lalu saat PPKM level 3.ANTARA FOTO/Ahmad Fikri Penerapan ganjil genap akan diberlakukan Polres Cianjur, Jawa barat, menjelang libur Natal dan tahun baru di sepanjang jalur utama Puncak-Cianjur, seperti beberapa waktu lalu saat PPKM level 3.

Diantaranya penerapan sistem ganjil genap, buka tutup atau one way, hingga penutupan jalur dari kedua arah.

“Namun sifatnya situasional ya, jika terjadi penumpukan di atas (jalur Puncak) atas sudah di atas 75 persen, baru kita tempuh (rekayasa lalu lintas),” kata dia.

Setidaknya sebanyak 1.105 personel gabungan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat diterjunkan untuk pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Baca juga: Yamaha XSR155 Modern Flat Track, Kreasi Pap N Mam

“Selain kesiapan personel di lapangan, sebanyak 22 pos didirikan di sejumlah tempat strategis,” ucap Anom.

Tak hanya itu, petugas juga akan melakukan pemeriksaan sertifikasi vaksin dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi bagi masyarakat dan pengguna jalan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.