Pertamina Pastikan Stok BBM Nasional Aman Jelang Tahun Baru 2022

Kompas.com - 29/12/2021, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina memastikan ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) secara nasional dalam kondisi aman jelang pergantian tahun baru 2022, baik yang gasoline, gasoil, serta avtur.

Khusus tipe gasoline, produk yang dimaksudnya ialah Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax, dan Pertamax Turbo. Ketahanan stok itu berada di atas 20 hari.

"Sementara ketahanan stok jenis gasoil yaitu Solar, Biosolar, Dexlite, dan Pertamina Dex berada di atas 18 hari. Ketahanan stok Avtur, mencapai 36 hari," kata Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman dalam keterangannya, Selasa (28/12/2021).

Baca juga: Polda Jawa Timur Bakal Tutup Suramadu Saat Malam Tahun Baru

Pengendara motor mengisi BBM jenis Pertalite di sebuah SPBU Pertamina di Jakarta, Jumat (24/12/2021). Pemerintah berencana menghapus BBM RON 88 Premium  dan RON 90 Pertalite sebagai upaya  mendorong penggunaan BBM yang lebih ramah lingkungan. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj.ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay Pengendara motor mengisi BBM jenis Pertalite di sebuah SPBU Pertamina di Jakarta, Jumat (24/12/2021). Pemerintah berencana menghapus BBM RON 88 Premium dan RON 90 Pertalite sebagai upaya mendorong penggunaan BBM yang lebih ramah lingkungan. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj.

“Pertamina telah melakukan pengamanan stok di seluruh rantai distribusi BBM mulai dari kilang hingga TBBM dan SPBU yang siaga 24 jam,” lanjut dia.

Di samping itu, perseroan juga telah menyiagakan Satgas Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022 yang siaga di seluruh wilayah Indonesia.

Hal ini untuk mengantisipasi permintaan BBM yang diperkirakan naik dari rerata normal sebesar 6 persen untuk gasoline dan gasoil naik sebesar 1,4 persen.

Pertamina juga dikatakan telah meningkatkan pengawasan distribusi BBM nasional dengan menggunakan teknologi digital.

Seluruh proses distribusi BBM dapat dipantau secara langsung (realtime) melalui Pertamina Integrated Command Center (PICC) dan dashboard digitalisasi SPBU.

“Seluruh stok BBM di setiap wilayah dan SPBU dapat dimonitor dengan akurat, sehingga Pertamina bisa dengan cepat mengirimkan stok BBM jika terjadi lonjakan permintaan,” imbuh Fajriyah.

Baca juga: Dampak Motuba Bila Dipaksa Tenggak BBM Oktan Tinggi

Truk pengangkut BBM yang menyuplai stok untuk SPBU PertaminaDok. Pertamina Truk pengangkut BBM yang menyuplai stok untuk SPBU Pertamina

Selama liburan tahun baru 2022, Pertamina menyiagakan infrastruktur distribusi energi meliputi 114 TBBM, 68 Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) dan lebih dari 7.400 SPBU.

Pertamina juga menyiagakan layanan khusus selama liburan tahun baru berupa 1.356 SPBU Siaga di jalur reguler, 65 SPBU Siaga di jalur tol, 219 Motoris atau armada Pertamina Delivery Service (PDS), 144 titik kantong BBM SPBU, dan 37 unit Pertashop atau SPBU modular.

Layanan di 68 DPPU juga akan terus siaga memenuhi kebutuhan Avtur bagi seluruh maskapai penerbangan.

“Kami menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak yang telah membantu kelancaran distribusi BBM Pertamina. Harapannya perayaan tahun baru 2022 berjalan lancar dan aman dengan ketersediaan BBM yang mencukupi sesuai kebutuhan masyarakat," kata dia lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.