Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berikut 4 Titik Rawan Macet di Kawasan Puncak Saat Malam Tahun Baru

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasan Puncak Cianjur, Jawa Barat, menjadi destinasi favorit masyarakat untuk menghabiskan momen Tahun Baru 2022.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Cianjur AKP Mangku Anom mengatakan, saat ini volume kendaraan mengalami kenaikan dan diprediksi akan melonjak hingga momen pergantian tahun.

Menurut Anom, terdapat empat lokasi di sepanjang jalur Puncak yang rawan kemacetan, yakni di perbatasan atau Puncak Pass, Simpang Hanjawar, Pasar Cipanas, dan Simpang Pegadaian.

“Kita sudah menyiapkan dua tim pengurai, masing-masing jumlahnya empat sampai enam personel yang akan mobile di sepanjang jalur Puncak,” ucap Anom dikutip dari Kompas.com, Selasa (28/12/2021).

Guna membatasi mobilitas masyarakat dan mencegah penyebaran virus Covid-19, Anom mengatakan, sudah merencanakan sejumlah skenario rekayasa lalu lintas di jalur wisata tersebut.

Diantaranya penerapan sistem ganjil genap, buka tutup atau one way, hingga penutupan jalur dari kedua arah.

“Namun sifatnya situasional ya, jika terjadi penumpukan di atas (jalur Puncak) atas sudah di atas 75 persen, baru kita tempuh (rekayasa lalu lintas),” kata dia.

Setidaknya sebanyak 1.105 personel gabungan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat diterjunkan untuk pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

“Selain kesiapan personel di lapangan, sebanyak 22 pos didirikan di sejumlah tempat strategis,” ucap Anom.

Tak hanya itu, petugas juga akan melakukan pemeriksaan sertifikasi vaksin dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi bagi masyarakat dan pengguna jalan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/29/081200315/berikut-4-titik-rawan-macet-di-kawasan-puncak-saat-malam-tahun-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke