Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Deretan Mobil yang Disuntik Mati di Indonesia Sepanjang 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak mobil baru yang bermunculan dan dipasarkan di Indonesia sepanjang 2021 ini. Namun, tak sedikit juga yang harus menerima takdir untuk disetop produksinya.

Menurut catatan Kompas.com, sepanjang 2021 ini setidaknya ada 7 model dari beberapa pabrikan yang disuntik mati. Alasannya pun beragam, mulai dari ketidaksesuaian dengan regulasi hingga penjualan yang terus menurun.

Berikut ini daftar 7 mobil yang disuntik mati sepanjang 2021:
1. Mitsubishi Outlander Sport

"Sudah habis unitnya, dan kami memang sudah tidak produksi lagi," tulis Intan, dalam pesan singkatnya kepada Kompas.com, Jumat (5/2/2021).

Intan menambahkan, untuk sementara ini belum ada calon pengganti untuk Outlander Sport. Namun, tidak bisa diprediksi bagaimana ke depannya.

2. Isuzu Panther

Alasan mobil ini dihentikan produksinya dikarenakan perkembangan bisnis perseroan yang kembali berfokus pada sektor komersial dan efisiensi. Selain itu, pemerintah juga mengimplementasikan standar emisi Euro 4.

Sementara Panther yang menggunakan mesin diesel, tidak dapat memenuhi standar emisi Euro 4 yang bakal diterapkan pada 2022 mendatang.

3. Nissan Terra

Namun, mobil tersebut tidak benar-benar disuntik mati di Thailand. Selain itu, Nissan Indonesia juga mengatakan masih ada kemungkinan untuk mendatangkan varian dan model baru.

4. Honda Jazz

"Untuk Jazz tidak ada di situs karena memang kami sudah tidak wholesales-kan lagi ke diler. HPM sudah tidak lagi memproduksi Jazz," tulis Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM Yusak Billy, dalam pesan singkatnya kepada Kompas.com, Selasa (6/4/2021).

5. Suzuki Karimun Wagon R

Pihak Suzuki mengatakan, adanya peralihan fokusan perseroan untuk menyongsong era elektrifikasi di Indonesia yang sudah di depan mata menjadi salah satu alasan Wagon R tidak lagi dipasarkan. Mobil ini sekarang hanya diekspor ke Pakistan.

6. Honda Odyssey

Saat ini, PT HPM hanya tinggal menghabiskan stok yang jumlahnya kurang dari 100 unit.

7. Honda Civic Hatchback RS

"Sebab, kalau kami perhatikan, sedan terbaru ini dengan hatchback, karakternya sangat mirip. Jadi, untuk sedan kami fokus di Civic RS ini. Sedangkan hatchback, kami fokus pada penjualan City Hatchback RS," kata Billy.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/25/170200515/deretan-mobil-yang-disuntik-mati-di-indonesia-sepanjang-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke