Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Atasi Setir Terkunci dan Kunci Kontak Tidak Bisa Diputar

Kompas.com - 24/12/2021, 19:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mobil yang masih menggunakan anak kunci, saat mobil dimatikan dan kunci dicabut, setir otomatis akan terkunci jika diputar beberapa derajat. Saat akan menyalakan mesin mobil, tak sedikit yang panik ketika kunci kontak tidak bisa diputar.

Apalagi, untuk para pemilik mobil pertama yang masih belum mengenal betul kendaraannya. Padahal, kondisi tersebut terjadi karena memang merupakan sistem keamanan standar yang hampir ada pada setiap mobil.

Baca juga: Beda Radius Putar Setir Kecil dan Besar pada Mobil

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM), kepada Kompas.com, mengatakan, itu sebenarnya fitur keamanan dari mobil sendiri, yakni steering lock.

Ilustrasi kemudi yang terkunciwww.wikihow.com Ilustrasi kemudi yang terkunci

"Jadi kalau mesin mati dan kunci dicabut, setir akan mengunci," ujar Didi, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Saat kunci kontak dicabut, setir mobil masih bisa diputar ke kanan atau ke kiri sekitar 50 derajat, lalu setir otomatis akan terkunci. Dalam kondisi setir terkunci, jika kunci kontak dimasukkan, maka tidak akan bisa diputar.

Baca juga: Cara Aman Pegang Setir Mobil yang Dilengkapi Airbag

"Tidak usah panik, itu cukup dimasukkan lagi kuncinya, diputar sedikit sudah bisa terbuka lagi," kata Didi.

Untuk mengatasinya, cukup gerakkan kemudi sedikit ke kiri atau ke kanan menggunakan tangan kiri. Sementara tangan kanan, berada di kunci kontak untuk menekan dan memutar ke posisi on.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com