Kompas.com - 24/12/2021, 16:41 WIB
Modifikasi Yamaha Aerox R1M Foto: YamahaModifikasi Yamaha Aerox R1M
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kompetisi “Online Customaxi 2021” telah resmi berakhir. Modifikasi Yamaha Aerox asal Malang, Jawa Timur, meraih gelar King of Maxi.

Motor besutan Achmad Untung yang diberi nama Aerox R1M tersebut menang setelah sebelumnya diadu lagi pemenang kelas lain sehingga menyandang motor terbaik.

Sesuai namanya, Untung mencoba mengaplikasikan gaya YZF-R1M. Hal itu terlihat dari aplikasi warna dan grafis serta bagian belakang yang dibuat ala motor sport.

Baca juga: Semua Kelas, Bus Baru PO ANS Bakal Pakai Bangku dengan Leg Rest

Modifikasi Yamaha Aerox R1M Foto: Yamaha Modifikasi Yamaha Aerox R1M

“Pada Customaxi tahun ini saya berusaha menampilkan sesuatu yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya," kata Untung dalam keterangan resmi, Jumat (24/12/2021).

"Saya hadirkan konsep Aerox R1M yang unik dan berbeda, di mana saya ubah tampilannya menjadi mirip dengan motor sport fairing R1M, terutama pada sektor bagian belakang," ungkapnya.

Dalam proses pembuatan Aerox R1M ini, Untung mengaku menghadapi beberapa kesulitan, khususnya dalam membuat bodi bagian tengah dan belakang agar bisa menyerupai buritan belakang R1M.

Selain itu, kata Untung, waktu dan persiapan yang singkat hanya satu setengah bulan menjadi tantangan tersendiri. Sebab bodi dibuat sendiri dari bahan alumunium.

Baca juga: Ganjil Genap Puncak Berlaku 24 Jam, Catat Syarat Perjalanannya

Modifikasi Yamaha Aerox R1M Foto: Yamaha Modifikasi Yamaha Aerox R1M

Bahan alumunium memakan waktu pengerjaan yang lama. Adapun pengerjaan cukup mepet sebab setelah jadi mesti dicek kekuatan serta hasil akhirnya.

“Pembuatan body custom bagian tengah dan belakang berbahan alumunium ini sangat sulit karena kami ingin tampilannya dapat semirip mungkin seperti YZF-R1M, hingga detail bagian air shroud," katanya.

"Konsekuensinya kami perlu membuat beberapa dummy bodi belakang dan memilih yang paling sempurna. Lalu cast wheel, kami juga custom pakai bahan alumunium," kata Untung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.