Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Modifikasi Yamaha Aerox, Jadi Mirip YZF-R1M

JAKARTA, KOMPAS.com - Kompetisi “Online Customaxi 2021” telah resmi berakhir. Modifikasi Yamaha Aerox asal Malang, Jawa Timur, meraih gelar King of Maxi.

Motor besutan Achmad Untung yang diberi nama Aerox R1M tersebut menang setelah sebelumnya diadu lagi pemenang kelas lain sehingga menyandang motor terbaik.

Sesuai namanya, Untung mencoba mengaplikasikan gaya YZF-R1M. Hal itu terlihat dari aplikasi warna dan grafis serta bagian belakang yang dibuat ala motor sport.

“Pada Customaxi tahun ini saya berusaha menampilkan sesuatu yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya," kata Untung dalam keterangan resmi, Jumat (24/12/2021).

"Saya hadirkan konsep Aerox R1M yang unik dan berbeda, di mana saya ubah tampilannya menjadi mirip dengan motor sport fairing R1M, terutama pada sektor bagian belakang," ungkapnya.

Dalam proses pembuatan Aerox R1M ini, Untung mengaku menghadapi beberapa kesulitan, khususnya dalam membuat bodi bagian tengah dan belakang agar bisa menyerupai buritan belakang R1M.

Selain itu, kata Untung, waktu dan persiapan yang singkat hanya satu setengah bulan menjadi tantangan tersendiri. Sebab bodi dibuat sendiri dari bahan alumunium.

Bahan alumunium memakan waktu pengerjaan yang lama. Adapun pengerjaan cukup mepet sebab setelah jadi mesti dicek kekuatan serta hasil akhirnya.

“Pembuatan body custom bagian tengah dan belakang berbahan alumunium ini sangat sulit karena kami ingin tampilannya dapat semirip mungkin seperti YZF-R1M, hingga detail bagian air shroud," katanya.

"Konsekuensinya kami perlu membuat beberapa dummy bodi belakang dan memilih yang paling sempurna. Lalu cast wheel, kami juga custom pakai bahan alumunium," kata Untung.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/24/164100615/modifikasi-yamaha-aerox-jadi-mirip-yzf-r1m

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke