Kompas.com - 23/12/2021, 16:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring perkembangan zaman teknologi keyless kini mulai banyak diaplikasikan ke sepeda motor. Keyless mempermudah pengendara dalam kegiatan sehari-hari.

Pengendara tidak perlu lagi memakai anak kunci. Sebagai gantinya pengendara menggunakan remote untuk proses menyalakan mesin, buka tutup jok, dan mencari motor di parkiran.

Di Yamaha fitur ini bernama Smart Key System (SKS). Fitur Answer Back System untuk mempermudah pengendara dalam mencari posisi motor di parkiran dalam radius 20 meter.

Baca juga: Jangan Pernah Salip Truk atau Bus dari Sisi Dalam Saat Manuver

Selain itu ada Immobilizer untuk meningkatkan keamanan motor saat diparkiran, karena motor hanya bisa menyala jika ada remote dalam radius 80 cm.

Tapi teknologi keyless bukan berarti bebas perawatan. Pengendara mesti lebih perhatian dengan keyless walaupun perawatan fitur ini cukup mudah.

Warna baru Yamaha FreeGo di 2021Dok. YIMM Warna baru Yamaha FreeGo di 2021

1. Knob

Hindari menekan knob secara paksa jika smart key tidak di dekat motor. Pastikan mengoperasikan knob sebagai pengganti kunci kontak dengan normal mencegah kerusakan mekanis pada knob.

Selain itu, mengingat motor hanya bisa menyala jika ada remote, maka pastikan remote selalu berada di dekat motor saat menekan knob.

2. Kering

Pastikan remote tidak terjatuh dan selalu dalam kondisi kering. Remote sebagai pemberi sinyal, meskipun sudah dilengkapi seal anti air, pastikan remote selalu kering dari air sebelum dinyalakan untuk mencegah kerusakan akibat hubungan arus pendek.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.