Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Fokus Menuju 2050 Tanpa Emisi

Kompas.com - 23/12/2021, 11:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Elektrifikasi belakangan ini semakin digalakkan. Beragam mobil ramah lingkungan dikembangkan dan diperkenalkan.

Toyota pun memiliki tujuan untuk mengurangi emisi. Dalam program Toyota Enviromental Challenge 2050, disebutkan salah satunya adalah zero carbon (CO2) emisi di setiap kendaraan baru.

Baca juga: Toyota Siapkan Semua Opsi Teknologi Menuju Elektrifikasi

Dikutip dari Toyota.co.id, Kamis (23/12/2021), targetnya adalah mengurangi emisi CO2 hingga 90 persen di semua kendaraan Toyota pada 2050. Untuk mencapai target ini, Toyota akan mendistribusikan 5,5 juga kendaraan elektrifikasi pada 2030.

Toyota Camry HybridKompas.com/Donny Toyota Camry Hybrid

Banyak yang beranggapan bahwa Toyota tidak akan mengeluarkan kendaraan tanpa mesin berbahan bakar atau internal combustion engine (ICE) pada 2050.

Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam, mengatakan, sebenarnya emisinya yang harus disinkronisasi. Sebab, teknologi setiap waktu bisa berkembang.

Baca juga: Toyota Sebut Penjualan Naik berkat Diskon Pajak dan Pameran Otomotif

"Sekarang ICE juga bisa menggunakan bahan bakar hidrogen yang dapat mengurangi emisi. Jadi, jangan sampai misleading, yang paling penting adalah emisinya yang harus dihilangkan,' ujar Bob, saat konferensi pers virtual, belum lama ini.

Toyota Prius PHEVkompas.com Toyota Prius PHEV

Sedangkan teknologi, menurut Bob, Toyota juga mendukung upaya pemerintah untuk mengembangkan teknologi yang lebih bersih.

"Menurut saya, 2050 suatu keniscayaan bahwa kita harus berupaya merealisasikan zero carbon. Jadi, jika sudah dicanangkan, yang penting bagaimana tiap tahunnya kita tahu harus melakukan apa dan siapa yang melakukannya. Menurut saya, yang menjadi target itu emisinya," kata Bob.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com