UD Trucks Siap Hadapi Regulasi Euro 4 April 2022

Kompas.com - 19/12/2021, 20:45 WIB
Truk baru UD Trucks Indonesia DOK. UD Trucks IndonesiaTruk baru UD Trucks Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerapan standar Euro 4 pada kendaraan diesel di Indonesia segera berlaku apda April 2022. Nantinya, semua kendaraan diesel yang dijual dan diproduksi di Indonesia harus sudah sesuai dengan standar emisi Euro 4.

Menanggapi regulasi tersebut, UD Trucks Indonesia telah menyiapkan infrastruktur yang dibutuhkan untuk produk-produknya.

Truk baru yang akan dipasarkan diklaim akan memberikan berbagai peningkatan baik efisiensi, waktu kerja, profit, dan meminimilkan emisi tanpa menghilangkan keunggulan dari produk sebelumnya.

Penerapan aturan Euro 4 untuk kendaraan komersial ini juga sejalan dengan tujuan UD Trucks yaitu kehidupan yang lebih baik untuk logistik, bumi, masyarakat dan bisnis.

Dengan adanya tujuan tersebut UD Trucks mendorong integrasi keberlanjutan di semua proses dan operasional perusahaan sehingga dapat menurunkan dampak lingkungan yang rendah serta kepuasan pelanggan yang lebih tinggi.

Baca juga: Honda CB150X Meluncur di Jawa Tengah, Ini Banderolnya

Aloysius Chrisnoadhi, Vice President UD Trucks Indonesia mengatakan, seluruh dunia sedang berubah. Solusi yang berkelanjutan menjadi tujuan yang sangat penting, termasuk di Indonesia. 

"Kami di UD Trucks berkomitmen untuk turut menyukseskan program pemerintah dalam menyediakan kendaraan komersial yang ramah lingkungan sehingga rakyat Indonesia dapat menikmati udara yang bersih dan sehat. Tahun ini kami terus bekerja keras di tengah situasi yang tidak menentu untuk dapat memenuhi komitmen tersebut,” ucapnya dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Minggu (19/12/2021).

Penerapan aturan emisi Euro 4 bagi kendaraan bermesin diesel dari aturan Euro 2 akan mengurangi emisi NOx sebesar 65 persen. Sehingga secara signifikan akan mengurangi jejak karbon kendaraan diesel melalui emisi yang lebih bersih.

Baca juga: Cara Sederhana Rawat Suspensi Pintu Belakang Mobil

UD Trucks Indonesia juga mempersiapkan jaringan after sales service yang mumpuni seperti pelatihan intensif bagi para lini depan UD Trucks, persiapan jaringan distribusi suku cadang dan berbagai sarana pendukung yang dibutuhkan.

Chrisnoadhi mengatakan, UD Trucks selalu mengedepankan inovasi yang sejalan dengan kebutuhan pelanggannya serta sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

"Peluncuran truk Euro 4 menjadi fokus utama UD Trucks saat ini. Selain menguatkan komitmen 'Better Life' dari UD Trucks, truk baru kami juga akan menjadi contoh dukungan kami kepada para pelanggan untuk memastikan operasi mereka tetap optimal bahkan lebih baik dari sebelumnya,” kata Chrisnoadhi.

Model baru Euro 4 ini akan tersedia di Indonesia mulai tahun depan di semua dealer UD Trucks di seluruh Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.