Kompas.com - 18/12/2021, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengadakan peluncurkan bLU cRU Indonesia, di Sirkuit Sentul, Bogor, Kamis (16/12/2021). Acara tersebut diselingi juga dengan test ride All New R15 dan R15M.

Test rider Kompas.com juga turut menjajal performa motor sport 150 cc tersebut di lintasan. Sejak pertama kali motor ini diperkenalkan, sudah membuat penasaran, apalagi dengan hadirnya fitur quick shifter.

Baca juga: Quick Shifter Yamaha All New R15 Bisa Beli Terpisah

Selain itu, generasi terbaru dari R15 ini juga mengalami relatif banyak ubahan. Bodinya lebih aerodinamis dan ergonomis.

Test ride Yamaha All New R15 dan R15MDok. YIMM Test ride Yamaha All New R15 dan R15M

Radityo Andi Dharma, Manager Branding & Promotion Department PT YIMM, mengatakan, coefficient of drag (CdA) atau hambatan angin pada R15 generasi lama sebesar 0,307. Sedangkan pada All New R15, hanya 0,293. Semakin kecil angkanya, maka semakin aerodinamis.

Sementara Galang Hendra Pratama, pebalap binaan Yamaha yang sekarang berlaga di World Supersport (WorldSSP), mengatakan, All New R15 lebih ergonomis. Sehingga, lebih nyaman posisi berkendaranya.

Baca juga: Ulik Perbedaan Yamaha R15 Terbaru dengan yang Lawas

Dengan ubahan tersebut, tentu top speed yang bisa didapat juga lebih baik dibandingkan versi sebelumnya. Meskipun, basis mesin yang digunakan bisa dibilang masih sama.

Test ride Yamaha All New R15 dan R15MDok. YIMM Test ride Yamaha All New R15 dan R15M

Dapur pacunya dibekali dengan mesin berkapasitas 155 cc, SOHC, 4-katup, berpendingin cairan, berteknologi VVA, dan menggunakan transmisi 6-percepatan. Tenaganya mencapai 19 tk pada 10.000 rpm dan torsinya 14,7 Nm pada 8.500 rpm.

Untuk handling, bisa dibilang tidak jauh berbeda dengan R15 versi lama. Saat diajak bermanuver di tikungan pun juga motor terasa "nurut" dan ringan saat harus berpindah arah dari tikungan kanan ke kiri.

Test ride Yamaha All New R15 dan R15MDok. YIMM Test ride Yamaha All New R15 dan R15M

Suspensinya juga tidak ada catatan khusus, handling yang ditawarkan cukup stabil. Sedangkan untuk pengereman, teknologi Anti-lock Braking System (ABS) pada motor ini juga menunjang keamanan saat di jalan yang kondisinya basah.

Soal top speed, All New R15 ternyata bisa tembus 145 kpj di trek lurus Sirkuit Sentul. Tapi, untuk R15M, hanya bisa mencapai 141 kpj.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.