Quick Shifter Yamaha All New R15 Bisa Beli Terpisah

Kompas.com - 17/12/2021, 09:22 WIB
Yamaha All New R15M Kompas.com/DonnyYamaha All New R15M

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi terbaru Yamaha All New R15 sudah resmi diluncurkan beberapa waktu lalu. Hadir juga varian baru, yakni R15M, yang sudah dilengkapi dengan quick shifter.

Salah satu perbedaan utama anntara R15 dengan R15M, adalah quick shifter, fitur yang kental dengan nuansa balap karena lazim ada pada motor kompetisi.

Baca juga: Ulik Perbedaan Yamaha R15 Terbaru dengan yang Lawas

Fitur quick shifter, memungkinkan penambahan gigi dengan gas penuh dan tanpa perlu menarik tuas kopling. Ketika sakelar perpindahan gigi mendeteksi gerakan di pedal pemindah gigi, tenaga mesin dan torsi penggerak disesuaikan sementara agar gigi dapat dinaikkan.

Quick shifter Yamaha All New R15MKompas.com/Donny Quick shifter Yamaha All New R15M

Yamaha menyebutkan bahwa quick shifter pada R15M beroperasi saat motor melaju setidaknya 20 kpj dengan putaran mesin 2.000 rpm atau lebih dan hanya pada saat percepatan. Sistem tidak beroperasi saat tuas kopling ditarik.

Namun, tidak perlu berkecil hati bagi para pemilik motor sport 150 cc ini. Konsumen bisa beli quick shifter tersebut secara terpisah.

Baca juga: Paling Mahal, Ini Perbandingan Harga All New R15, CBR150, dan GSX-R150

Aji Handoko, Manager Service Technical Support & Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, quick shifter untuk R15 dijual terpisah sebagai aksesori.

Quick shifter Yamaha All New R15MKompas.com/Donny Quick shifter Yamaha All New R15M

"Untuk pemasangannya mudah, karena quick shifter ini plug n play alias tinggal pasang saja, sudah ada connector-nya tinggal colok saja," ujar Aji, kepada Kompas.com, saat peluncuran bLU cRU Indonesia di Sirkuit Sentul, Bogor, Kamis (16/12/2021).

Aji menambahkan, quick shifter tersebut hanya untuk All New R15 atau R15 generasi terbaru. Tidak bisa disematkan pada R15 generasi sebelumnya.

Untuk harganya, Yamaha membanderol quick shifter ini dengan Rp 525.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.