Kompas.com - 17/12/2021, 14:41 WIB
Toyota Raize GR Sport Kompas.comToyota Raize GR Sport

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam upaya menekan polusi udara yang semakin menghawatirkan, Pemerintah Republik Indonesia (RI) memberikan perhatian khusus terkait emisi gas buang kendaraan. Bahkan di beberapa wilayah tertentu, aturan ambang batas CO2 yang dihasilkan suatu kendaraan tengah diperketat.

Salah satunya aturan yang dilakukan di wilayah DKI Jakarta, di mana uji emisi gas buang kendaraan akan menjadi salah satu syarat operasional bagi setiap sepeda motor dan mobil dengan usia pakai tiga tahun.

Bila tidak mengikuti atau tak lulus uji emisi, maka sesuai Pergub Nomor 66 Tahun 2020, kendaraan bakal dikenakan sanksi tarif parkir tertinggi, bahkan ada juga penilangan dari kepolisian.

Baca juga: Biaya Perawatan Raize GR Sport hingga 100.000 Kilometer, Rp 8 Jutaan

Berfokus pada isu tersebut, tim Redaksi Kompas.com melakukan pengujian terhadap beberapa mobil yang mampu menekan polusi udara selain mobil listrik.

Bertajuk Kompas Otomotif Challenge (KOC), salah satu kendaraan yang digunakan ialah Toyota Raize GR Turbo TSS.

Menempuh perjalanan sejauh 592,8 km dengan rute kombinasi jalan tol dan ruas perkotaan Jakarta-Yogyakarta selama dua hari, didapatkan rata-rata konsumsi BBM mobil ialah 12,6 kpl.

Toyota Raize GR SportKompas.com Toyota Raize GR Sport

Hasil tersebut merupakan perhitungan Redaksi menggunakan skema full to full dengan batas mulut tangki mobil. Bahan bakar yang dipilih ialah Pertamax Turbo (ron 98).

Selanjutnya data tersebut dikonversi menjadi konsumsi per 100 kilometer untuk kemudian dihitung kembali supaya mendapat data besaran tingkat emisi CO2-nya, yakni 188,617 gram per kilomter CO2.

Sementara itu, apabila menghitung tingkat emisi menggunakan gaya berkendara eco driving, konsumsi BBM bisa mencapai 14.6 kpl, hasilnya menjadi hanya 163,38 gram per kilometer CO2.

Baca juga: Catatan Konsumsi BBM Toyota Raize GR Sport TSS

Berdasarkan perhitungan tersebut, hasilnya tingkat emisi gas buang Toyota Raize GR Turbo terbilang rendah.

Pasalnya, dengan mesin 3 silinder turbo berkapasitas 998 cc, Raize mampu menghasilkan tenaga 96 tk yang biasanya dimiliki oleh mobil dengan bermesin 1.300 cc.

Artinya, tidak perlu mesin besar Raize mampu menghasilkan tenaga setara dengan mobil 1.300 cc dengan emisi gas buang yang cukup rendah.

Namun, bisa saja datanya berubah karena tiap pengendara punya karakter masing-masing.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.