Selama Libur Nataru, Kapolda Sumsel Pastikan Tidak Ada Penyekatan Kendaraan

Kompas.com - 16/12/2021, 10:12 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.com - Upaya pengetatan mobilitas serta mengurangi kerumunan pada masa libur natal dan tahun baru 2022 dilakukan oleh beberapa Pemerintah Daerah.

Seperti yang dilakukan oleh Polda Sumatera Selatan yang melakukan pemeriksaan untuk setiap kendaraan yang akan masuk ke wilayah Provinsi Sumatera Selatan selama libur nataru.

Baca juga: Bukan HR-V, Honda Justru Luncurkan CR-V Serba Hitam

Kapolda Sumatera Selatan Irjen Toni Harmanto mengatakan, pihaknya tidak akan mengadakan penyekatan di perbatasan daerah selama libur Natal dan tahun baru. Hal ini dilakukan sesuai dengan Instruksi Presiden dan Kapolri.

“Lebih ke penekanan protokol kesehatan masyarakat yang lebih diutamakan. Kalau penyekatan tidak ada,” kata Toni dalam keterangan resmi, Rabu (15/12/2021).

Petugas Ditlantas Polda Lampung memeriksa kelengkapan syarat perjalanan bagi pengendara di Jalan Tol Lampung.Dok Ditlantas Polda Lampung Petugas Ditlantas Polda Lampung memeriksa kelengkapan syarat perjalanan bagi pengendara di Jalan Tol Lampung.

Untuk pengamanan selama masa libur natal dan tahun baru, Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan telah menyiapkan sebanyak 1.428 personel gabungan.

Direktur Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sumsel Kombes M Pratama Adhyasastra mengatakan, seluruh pasukan tersebut nantinya akan disebar ke seluruh kabupaten/kota.

Baca juga: Catat, Pemutihan Pajak Kendaraan di DKI Berlaku sampai Akhir Tahun

“Pengamanan operasi patuh Musi untuk Nataru ini dimulai 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022. Jadi seluruh personel disiagakan sampai malam tahun baru selesai,” kata Pratama.

Personel yang diturunakan bertugas untuk melakukan pemeriksaan di setiap pintu perbatasan untuk mengantisipasi adanya aktivitas yang mencurigakan. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyaraakat Sumatera Selatan.

“Kemudian konsepnya lebih mengutamakan kegiatan preventif, penindakan adalah yang terakhir," ucap Pratama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.