Jangan Anggap Remeh, Ini Fungsi Minyak Kayu Putih buat Bodi Kendaraan

Kompas.com - 15/12/2021, 13:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak bahan-bahan yang sering kita jumpai di rumah ternyata dapat bermanfaat untuk kendaraan. Salah satunya adalah minyak kayu putih.

Minyak kayu putih memiliki banyak fungsi untuk badan manusia. Namun, cairan ini juga dapat diaplikasikan pada bodi kendaraan, baik mobil atau motor.

Baca juga: Stiker Hologram Bisa Gantikan ERP?

Pada umumnya, minyak kayu putih banyak digunakan untuk membersihkan residu atau sisa-sisa lem yang menempel ketika mencopot sticker.

Proses pemasangan stiker mobil Formula2 Sean Gelael.Si Mbah Stiker Proses pemasangan stiker mobil Formula2 Sean Gelael.

Sebab, tidak semua sticker dapat dicopot dan tidak meninggalkan residu. Apalagi, jika sticker tersebut sudah lama menempel di bodi kendaraan.

“Membersihkan lem bekas stiker ini bisa saja menggunakan minyak kayu putih, ini cukup aman untuk cat di bodi,” ujar Lerry Rahmat Rizky, builder dari Caos Custombike yang bermarkas di bilangan Pancoran, Jakarta Selatan, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Kendaraan Dipasang Stiker Hologram Diklaim Bisa Tekan Kemacetan dan Kurangi Polusi Udara

Lerry menambahkan, caranya cukup mudah. Pertama, siapkan lap lembut atau lap microfiber dan minyak kayu putih.

Selanjutnya, basahi lap dengan minyak kayu putih, lalu usapkan secara perlahan ke bagian yang akan dibersihkan. Ulangi jika bekas lem masih menempel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.