Persiapan Menuju Era Elektrifikasi, Toyota Siapkan 70 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 14/12/2021, 18:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Motor Corporation (TMC) berkomitmen untuk menambah investasi sebesar 8 triliun yen atau senilai 70 miliar dollar AS dalam menyambut era kendaraan bermotor listrik pada 2030 mendatang.

Setengah dari nilai tersebut akan difokuskan untuk pengembangan battery electric vehicle (BEV) atau mobil listrik berbasis baterai penuh. Sehingga, tujuan untuk menciptakan kendaraan bebas emisi semakin dekat.

"Kami menambah dua triliun yen dari komitmen sebelumnya untuk baterai dan BEV, sehingga total investasi jadi 8 triliun yen," kata Chief Executive TMC Akio Toyoda pada konferensi virtual, Selasa (14/12/2021).

Baca juga: Toyota Siapkan 30 Produk Mobil Listrik Murni Mulai 2030

Salah satu produk dari Toyota bZ-SeriesKOMPAS.com/Ruly Salah satu produk dari Toyota bZ-Series

Adapun investasi itu, termasuk 1,29 miliar dollar AS untuk pabrik baterai baru di Carolina yang akan mulai berproduksi pada 2025 mendatang.

Pada periode yang sama, Toyota juga menargetkan penjualan tahunan di segmen BEV sebesar 3,5 juta unit, atau sekitar sepertiga dari penjualan kendaraan saat ini.

Sementara untuk nasib kendaraan konvensional, akan tetap berjalan tapi dijanjikan bakal terus mengalami perkembangan teknologi supaya tingkat emisi yang dihasilkan bisa tereduksi, seperti bahan bakar hidrogen.

Toyota Motor Corporation menambah investasi dalam menyambut era elektrifikasi kendaraan bermotor, Selasa (14/12/2021) Toyota Motor Corporation menambah investasi dalam menyambut era elektrifikasi kendaraan bermotor, Selasa (14/12/2021)

Langkah terkait dikatakan mampu membantu menyelamatkan sebagian dari 5,5 juta pekerja otomotif di Jepang, dengan memungkinkan perusahaan mobil untuk menjaga rantai pasok yang akan hilang dengan peralihan penuh ke mobil listrik.

"Tingkat emisi atau CO2 dari kendaraan harus dikurangi sebesar mungkin dan secepat mungkin," kata dia.

Baca juga: Serius Sambut Era Kendaraan Listrik, Toyota Kenalkan bZ-Series

Seluruh line-up kendaraan listrik berbasis baterai dari Toyota yang akan diproduksi dikenalkan kepada publik untuk pertama kalinya oleh Chief Executive TMC Akio Toyoda, Selasa (14/12/2021)KOMPAS.com/Ruly Seluruh line-up kendaraan listrik berbasis baterai dari Toyota yang akan diproduksi dikenalkan kepada publik untuk pertama kalinya oleh Chief Executive TMC Akio Toyoda, Selasa (14/12/2021)

Dalam kesempatan itu pula, Akio memperkenalkan 15 model BEV dari total 30 model BEV yang akan meramaikan pasar global pada 2030 mendatang.

Adapun salah satu produk yang dimaksud ialah BZ (Beyond Zero) series, yang terdiri dari BZ 4x, Bz Compact SUV, BZ Small Crossover, BZ sedan, dan BZ Large SUV.

Produk lainnya, ada kendaraan listrik perkotaan komersial mungil seperti EPod, mobil offroad elektrik, pikap elektrik, sampai supercar elektrik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.