Harga Piaggio Ape Electrik Tembus Ratusan Juta, Siapa Targetnya?

Kompas.com - 14/12/2021, 17:41 WIB
Piaggio Ape Electrik KOMPAS.com/GilangPiaggio Ape Electrik
|


TANGERANG, KOMPAS.com - Melihat potensi kendaraan listrik yang dianggap potensial di masa depan, Piaggio Commercial Indonesia (PCI) resmi meluncurkan Piaggio Ape Electrik.

Kendaraan roda tiga listrik ini punya dua tipe yaitu Ape E-Xtra dan Ape E-City. Harga paling murah Ape E-City yakni Rp 115.000.000 dan termahal Rp 131.000.000 untuk Ape E-Xtra Box.

Timbul pertanyaan siapa target market dan konsumennya. Sebab seperti diketahui segmen kendaraan listrik belum bergitu besar, apalagi Ape Electrik menyasar sektor niaga kecil.

Baca juga: Ini Syarat Perjalanan Jarak Jauh Terbaru Satgas Covid-19

Piaggio Commercial Indonesia (PCI) membuka showroom di Tangerang Selatan.KOMPAS.com/Gilang Piaggio Commercial Indonesia (PCI) membuka showroom di Tangerang Selatan.

Kristianto Gunadi, Presiden Direktur PT Bagaskoro Mega Langgeng (BML), mengatakan, saat ni targer pasar Piaggio Ape Electrik merupakan para perusahaan.

"Target market kita memang fleet user khususnya, kemudian hightech company seperti online store mereka mau yang teknologi yang tinggi yang disinkronisasi dengan sistem mereka," kata Kristianto di Tangerang Selatan, Selasa (14/12/2021).

Kristianto cukup yakin bahwa produknya bisa diterima secara baik dan menembus pasar kendaraan listrik niaga.

Ada dua alasan utama yang membuatnya optimistis, pertama karena dukungan pemerintah yang menggalakan program elektrifikasi dan kedua nama besar Piaggio.

"Kemudian fleet sendiri dipersyaratkan oleh pemerintah di mana 10 persen armadanya menggunakan listrik saat ini. Jadi pemerintah mengimbau kepada fleet bisa menggunakan eletrik," katanya.

Baca juga: Uji Coba GanjIl Genap, Polda Banten Putar Balik Ratusan Kendaraan

Piaggio Ape ElectrikKOMPAS.com/Gilang Piaggio Ape Electrik

"Piaggio merupakan produsen kendaraan roda tiga elektrik pertama di Indonesia," ungkap Kristianto.

Piaggio Ape Electrik mengusung motor listrik alias dinamo yang mampu mengelurkan daya 9,55 Kw pada 3.500 rpm serta torsi 45 Nm. Baterainya lithium ion 51,2 V berdaya8 kWh.

Pengisi daya alias charger pakai colokan 48 V/3.000 W. Pengisian daya dari kondisi kosong sampai penuh butuh waktu 3 jam 45 menit.

Kendaraan roda tiga ini mampu digeber sampai 45 kpj dan menempuh jarak hingga 90 km.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.