Perang Harga Mobil Murah di Akhir Tahun, Diskon Tembus Rp 15 Juta

Kompas.com - 13/12/2021, 14:01 WIB
Komparasi LCGC antara Toyota Agya dan Daihatsu Ayla KOMPAS.com/DIO DANANJAYAKomparasi LCGC antara Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

JAKARTA, KOMPAS.com - Segmen low cost green car (LCGC) masih menjadi incaran banyak orang yang ingin memiliki mobil baru.

Tak sedikit juga pabrikan otomotif dan diler memberikan penawaran menarik jelang akhir tahun kepada konsumennya masing-masing.

Berdasarkan informasi yang tim redaksi kumpulkan dari berbagai tenaga penjual masing-masing merek, kisaran diskonnya berada di angka mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 15 jutaan.

Akan tetapi, jika melihat harga jualnya yang rata-rata di kisaran Rp 150 jutaan, tentu diskon ini terbilang menarik.

Baca juga: Pilihan Skutik Honda dan Yamaha yang Pakai Keyless

Misalnya untuk Honda Brio yang menjadi LCGC terlaris tahun ini. Potongan harga diberikan buat mobil yang dihargai mulai Rp 153,4 juta (tipe S M/T) sampai Rp 177,4 juta (tipe E CVT) cukup besar.

“Untuk diskon akhir tahun, Brio yang manual diskonnya bisa Rp 15 juta. Kalau matik Rp 5 juta,” ujar salah satu tenaga penjual Honda di Jawa Barat, kepada Kompas.com, Senin (13/12/2021).

Honda Brio Satya di booth Honda pada ajang GIIAS 2021.KOMPAS.com/GILANG SATRIA Honda Brio Satya di booth Honda pada ajang GIIAS 2021.

Sementara diskon yang cukup besar juga tersedia buat konsumen Toyota Agya dan Calya. Bicara soal harga, Agya saat ini ditawarkan mulai dari Rp 144,9 juta sampai Rp 170,39 juta. Sementara Calya mulai dari Rp 146,19 juta sampai Rp 167,49 juta.

“Untuk Calya dan Agya diskonnya mulai dari Rp 10 juta sampai Rp 12 juta. Tapi dua mobil itu susah didapat, kosong stoknya,” kata salah satu tenaga penjual Toyota di Jakarta Barat kepada Kompas.com, Senin (13/12/2021).

Baca juga: Cerita Bos Yamaha Soal Perpanjang Kontrak Terakhir Rossi

Adapun untuk Daihatsu Ayla dan Sigra, diberikan diskon akhir tahun sebesar Rp 3 juta. Meski potongan harga tersebut terbilang kecil, namun tenaga penjual Daihatsu di Jakarta Timur mengatakan, ada tambahan diskon reguler untuk Ayla sebesar Rp 8 juta dan Sigra sebesar Rp 9 juta.

“Ada diskon reguler untuk Ayla sebesar Rp 8 juta, dan Sigra Rp 9 juta, ditambah dengan diskon akhir tahun Rp 3 juta. Ini hanya berlaku di akhir tahun, Januari tahun depan diskonnya hanya Rp 6 juta,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.