Mobil Listrik Kebal Ganjil Genap Margonda Depok

Kompas.com - 11/12/2021, 14:06 WIB

DEPOK, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Perhubungan (Dishub) kembali melaksanakan uji coba ganjil genap akhir pekan di Margonda Raya, 11-12 Desember 2021.

Dalam pelaksanaan ganjil genap di pekan kedua ini, Dishub Kota Depok menambahkan jenis kendaraan yang masuk dalam daftar pengecualian, yakni mobil listrik.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dishub Kota Depok Eko Herwiyanto dalam keterangannya, Jumat (10/12/2021), bahwa mobil listrik diperbolehkan melintas di area penerapan ganjil genap tanpa memperhatikan pelat nomornya.

Baca juga: Begini Aturan Perjalanan pada Inmendagri Terbaru buat Libur Nataru

Keputusan tersebut diambil mengingat salah satu tujuan diberlakukannya skema lalu lintas ganjil genap adalah untuk mengurangi polusi udara akibat emisi gas buang kendaraan.

Uji coba sistem ganjil genap telah diberlakukan di di Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Jawa Barat, Sabtu (4/12/2021), sebagai salah satu cara mengurai kemacetan. KOMPAS.com/Muhamad Isa Bustomi Uji coba sistem ganjil genap telah diberlakukan di di Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Jawa Barat, Sabtu (4/12/2021), sebagai salah satu cara mengurai kemacetan.

Eko menyebutkan, ada beragam tujuan yang ingin dicapai dalam penerapan ganjil genap di Margonda Raya, selain sekadar mengurai kemacetan yang kerap terjadi tiap akhir pekan.

"Sesuai dengan Imendagri yakni untuk mengurangi mobilitas masyarakat pada saat PPKM ini. Selain itu, uji coba Gage ini juga untuk mengurangi polusi," kata ia menjelaskan.

Baca juga: Ini Daftar Mobil Baru Calon Penerima Diskon PPnBM Permanen

Petugas di lapangan pun sudah bisa membedakan antara mobil listrik dengan mobil bermesin pembakaran internal. Salah satunya dari pelat nomor kendaraan listrik yang diberi aksen warna biru pada tepi bawahnya.

Selain penambahan mobil listrik dalam daftar pengecualian ganjil genap, Eko mengatakan tidak ada perubahan lain yang dilakukan pada uji coba ganjil genap akhir pekan ini.

Ruas jalan yang menjadi objek penerapan ganjil genap pun masih sama, yakni Jalan Margonda Raya dari pertigaan Ramanda hingga fly over UI di kedua arahnya. Ganjil genap tersebut diberlakukan pada pukul 12.00 sampai 18.00 WIB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.