Kompas.com - 11/12/2021, 13:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap mesin kendaraan yang menggunakan bahan bakar bensin, membutuhkan busi untuk proses pembakaran. Busi pun berbeda-beda untuk setiap tipe mesin.

Salah satu perbedaannya dapat dilihat dari bentuk atau fisiknya. Ada busi yang ulirnya pendek dan ada juga yang ulirnya panjang.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Kualitas BBM Pengaruhi Usia Busi Mobil?

Ardhieta Wahyu Wicaksana, Marketing Manager PT NGK Busi Indonesia, mengatakan, jangan terkecoh busi dengan lebar ulir yang serupa, karena belum tentu memiliki fitur dan spesifikasi yang sama.

Ilustrasi busiwww.pringgo.com Ilustrasi busi

"Serupa tapi tak sama. Kalau ujung busi terlalu pendek akan terjadi penumpukan karbon. Sedangkan kalau terlalu panjang busi, bisa overheat dan bisa terbentur piston," kata Wicaksana, dalam keterangan resminya, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, ada cara yang lebih mudah, yakni dengan melihat kode busi dan menggantinya dengan yang sama. Sebab, jika salah kode dapat memperburuk kinerja mesin bahkan mengakibatkan banyak masalah.

Baca juga: Alasan Busi Mobil Jangan Cuma Diganti Satu Saja

"Kesalahan pasang kode busi dapat mengakibatkan carbon fouling, overheat, piston mentok, elektroda meleleh, ECU bermasalah, dan knocking (menggelitik)," katanya.

Jadi, saat akan mengganti busi dengan merek lain, pastikan panjang ulirnya sama. Sehingga, mesin tetap dapat bekerja dengan optimal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.