Awas Macet, Ganjil Genap di Margonda Depok Masih Berlaku Hari Ini

Kompas.com - 05/12/2021, 09:01 WIB
Uji coba sistem ganjil genap telah diberlakukan di di Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Jawa Barat, Sabtu (4/12/2021), sebagai salah satu cara mengurai kemacetan. KOMPAS.com/Muhamad Isa BustomiUji coba sistem ganjil genap telah diberlakukan di di Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Jawa Barat, Sabtu (4/12/2021), sebagai salah satu cara mengurai kemacetan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem ganjil genap di Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Jawa Barat, kembali diberlakukan pada hari ini, Minggu (5/12/2021).

“Untuk jamnya sama (seperti hari Sabtu) pukul 12.00 sampai dengan 18.00 WIB,” ucap Kasubnit Gakkum Polres Depok Ipda Rudi Agus, dikutip dari Kompas.com, Sabtu (4/12/2021).

Rudi melanjutkan, kebijakan ganjil genap ini masih bersifat sosialisasi. Dengan begitu, tidak ada sanksi tilang yang diterapkan kepada pelanggar.

Baca juga: Ini 3 Faktor yang Bisa Bikin Bus Terbakar

“Belum dilakukan penindakan (tilang) apabila ada masyarakat yang memaksa jalur itu akan dilakukan imbauan dulu,” kata dia.

Uji coba pelaksanaan ganjil genap ini bertujuan agar masyarakat mengetahui aturan baru yang diberlakukan untuk mengurangi kemacetan di Depok, Jawa Barat. Namun, berdasarkan pantauan redaksi Kompas.com, Sabtu (4/12), sekitar pukul 13.55 WIB kemacetan terjadi di lokasi penerapan ganjil genap.

Kondisi lalu lintas saat penerapan ganjil genap di Jalan Margonda Raya, Depok, Sabtu (4/12/2021).Kompas.com - Donny Dwisatryo Priyantoro Kondisi lalu lintas saat penerapan ganjil genap di Jalan Margonda Raya, Depok, Sabtu (4/12/2021).

Kemacetan terjadi dari arah Lenteng Agung, tepatnya di depan penyebrangan rel kereta Universitas Pancasila ke arah Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat.

Rudi pun tak menampik bahwa uji coba ganjil genap ini membuat jalan macet. Hal itu disebut karena banyak masyarakat yang belum mengetahui pemberlakukan ganjil genap.

Baca juga: Grab Indonesia Klaim Sudah Pakai 8.500 Kendaraan Listrik

“Iya, karena banyak masyarakat yang belum tahu (pemberlakuan ganjil genap). Tapi nanti masyarakat akan tahu dan mempertimbangkan bila ingin ke Depok menyesuaikan nomor kendaraan,” kata dia.

Sebagai informasi, ganjil genap di wilayah Depok berlaku hanya pada akhir pekan dan diperuntukkan untuk kendaraan roda empat saja.

Adapun untuk waktu pemberlakukan ganjil genap dimulai sekitar pukul 12.00 sampai 18.00 WIB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.