Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pebalap Indonesia Kerap Ketinggalan, Cuma Mampu Mobil Balap Bekas

Kompas.com - 03/12/2021, 09:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Sirkuit Mandalika di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat yang berhasil menggelar ajang World Superbike (WSBK) 2021 jadi angin segar tersendiri bagi para pecinta balap Indonesia.

Sudah pasti, ada tujuan mulia yang ingin dicapai dengan hadirnya fasilitas tersebut. Di antaranya, mencetak pebalap nasional untuk dapat berbicara di tingkat internasional.

Hanya saja, masih terdapat berbagai tantangan untuk memajukan pebalap Tanah Air terutama di sektor kendaraan dan teknologi, serta perangkat keselamatannya.

Baca juga: Tanpa Karimun Wagon R, Harga LCGC Naik Rp 2 Juta Bulan Ini

Menonton balapan WSBK dari atas paddockKompas.com/APRIDAMEGANANDA Menonton balapan WSBK dari atas paddock

Menurut pereli nasional Rifat Sungkar, walau Indonesia jadi pasar utama di sektor otomotif tapi sedikit sekali yang menyediakan mobil khusus dengan spesifikasi balap.

Jika ada, kendaraan mobil spesifikasi balap itu hanya tersedia di luar Indonesia. Sehingga, banyak pembalap Indonesia yang hanya mampu beli mobil balap bekas dengan teknologi yang sudah ketinggalan.

Karena bekas, spare partnya pun tidak selalu tersedia. Akibatnya terjadilah kanibal dari mobil sejenis.

“Untuk membangun satu mobil balap, pebalap sampai harus membeli tiga mobil bekas. Yang satu dipakai untuk balapan, sementara yang dua dipereteli spare (part)," kata dia dalam keterangan tertulis, Kamis (2/12/2021).

Baca juga: DAMRI Mulai Tes Bus Listrik Korea di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

Mitsubishi Xpander AP4 di arena rally nasional Fortuna Nusantara Tropical Sprint Rally 2021.dok.XRT Mitsubishi Xpander AP4 di arena rally nasional Fortuna Nusantara Tropical Sprint Rally 2021.

Kemudian dari sisi perangkat keselamatan, kini masih ada pebalap yang belum menaruh perhatian penuh. Pasalnya, perangkat itu tidak hanya sebatas yang menempel di badan, namun juga material dan teknologi kendaraan.

Insiden yang dialami Sean Gelael dan Ketua MPR Bambang Soesatyo saat berlomba di ajang Sprint Rally Meikarta menjadi viral.

Salah satu yang menjadi perhatian adalah kondisi keduanya yang dapat keluar dari mobil tanpa cedera berarti, meski mobil yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan parah.

Motorsport itu olahraga yang sangat berbahaya, oleh karena itu diperlukan peralatan yang dapat melindungi pembalap dari risiko fatal,“ ujar Rifat.

Mobil yang ditunggangi Sean dirancang untuk balapan dan dilengkapi dengan safety device yang sesuai. Jika mobil yang dtunggangi adalah mobil balap dengan teknologi lama yang peralatan safety-nya juga sudah usang, mungkin hanya bisa berserah kepada Tuhan.” tambahnya.

Baca juga: Rossi Bilang Sudah Menghapus Mimpi Setelah Pensiun

Sejumlah pebalap memacu motornya dalam race 1 World SBK seri Indonesia 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (21/11/2021). Dalam race tersebut pebalap tim Pata Yamaha With Brixx WorldSBK Toprak Razgatlioglu berhasil menjadi juara dunia World SBK 2021.ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN Sejumlah pebalap memacu motornya dalam race 1 World SBK seri Indonesia 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (21/11/2021). Dalam race tersebut pebalap tim Pata Yamaha With Brixx WorldSBK Toprak Razgatlioglu berhasil menjadi juara dunia World SBK 2021.

Sirkuit Mandalika dan kecelakaan yang dialami Sean seharusnya dapat menjadi momen bahwa kondisi motorsport Indonesia harus dapat ditingkatkan lebih dari sekadarnya seperti yang terjadi selama ini.

Jangan berharap pembalap Indonesia dapat berbicara di arena dunia jika peralatan yang dipakai saja masih seadanya. Pihak-pihak terkait sudah harus memikirkan cara bagaimana pembalap Indonesia dapat memperoleh peralatan dengan lebih mudah.

Menurut Rifat salah satu cara adalah dengan mengubah beberapa aturan yang terkait dengan import kendaraan dan sparepart-nya. Misal, larangan jual beli blok mesin baru, berbelitnya aturan import mobil untuk balapan, juga pengenaan pajak yang tinggi untuk spare part peralatan keselamatan balap.

“Sebagai insan motorsport, saya pribadi memohon pemerintah untuk dapat memperhatikan kebutuhan olahraga balap ini. Mungkin lewat pelonggaran aturan yang memudahkan mendapatkan kendaraan dan peralatan balap,” kata dia lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com