Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Ganjil Genap Akan Diberlakukan di Jalan Tol, Ini Lokasinya | DAMRI Mulai Tes Bus Listrik Korea di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

Kompas.com - 03/12/2021, 06:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah resmi menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 di seluruh Indonesia pada masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan, pihaknya akan memberlakukan aturan ganjil genap di berbagai lokasi saat libur nataru untuk mengurangi mobilitas masyarakat.

“Strategi pengaturan lalu lintas perseorangan akan dilakukan sistem ganjil genap di wilayah aglomerasi, jalan tol, ibu kota provinsi, area tempat wisata, dan wilayah peningkatan mobilitas,” kata Budi dalam keterangan Resmi, Rabu (1/12/2021).

Selain itu yang tak kalah menarik tentang DAMRI mulai tes bus listrik Korea di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.

Penasaran seperti apa, berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Kamis 2 Desember 2021.

Bus listrik DAMRI yang diuji cobaDOK. DAMRI Bus listrik DAMRI yang diuji coba

1. DAMRI Mulai Tes Bus Listrik Korea di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

Perum DAMRI terus mendukung percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Indonesia, terutama pada sektor transportasi jalan.

Upaya tersebut dibuktikan DAMRI yang melakukan peluncuran uji coba operasional bus listrik di Terminal 3 Gate 5 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, belum lama ini.

Bus listrik yang akan dioperasikan DAMRI merupakan hasil kerja sama dengan PT Energi Makmur Buana dengan merek Edison Motors. Edison Motors sendiri merupakan pembuat bodi bus listrik asal Korea.

Selain bus listrik dengan dimensi yang besar, DAMRI juga melakukan kerja sama dengan PT Sokonindo Automobile, mengoperasikan DFSK Gelora E sebagai armada. Program KBLBB ini merupakan implementasi sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle).

Baca juga: DAMRI Mulai Tes Bus Listrik Korea di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

Ilustrasi Jeep CompassDok. DAS Indonesia Motor Ilustrasi Jeep Compass

2. Jeep Compass Terbaru Meluncur, Harga Rp 699 Juta

Setelah Wrangler dan Gladiator, DAS Indonesia Motor meluncurkan model SUV ketiganya, yaitu Jeep Compass. Model terbaru SUV ini dikembangkan dengan ubahan pada interior, serta penambahan teknologi yang diklaim lebih canggih.

Dhani Yahya, COO DAS Indonesia Motor, mengatakan, Jeep Compass menawarkan keseimbangan antara performa dan emosi.

“Jeep tahu bahwa kami membutuhkan pasangan yang sempurna untuk menemani kami di jalan setiap hari, karena setiap hari adalah petualangan, kami menyebut mereka ‘Adventurous Dreamers’,” ujar Dhani, dalam keterangan resmi (1/12/2021).

Baca juga: Jeep Compass Terbaru Meluncur, Harga Rp 699 Juta

Volume Lalu Lintas di Jalan Tol Meningkat, Jasa Marga Imbau Warga Patuhi Aturan BerkendaraJasa Marga Volume Lalu Lintas di Jalan Tol Meningkat, Jasa Marga Imbau Warga Patuhi Aturan Berkendara

3. Catat, Ini Aturan Perjalanan Darat Selama Libur Nataru

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com