Kompas.com - 27/11/2021, 14:22 WIB
Pencuri sepeda motor tertangkap kamera cctv di Cileduk kota Tangerang InfociledukPencuri sepeda motor tertangkap kamera cctv di Cileduk kota Tangerang

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejadian pencurian sepeda motor kembali terjadi di gang Winong,no 42 Ciledug kota Tangerang, Jumat (26/11/2021) sekitar pukul 19.35 WIB. Pelaku berhasil membawa kabur motor matik Honda Beat berplat nomor B 6542 VTK.

Baca juga: Sang Adik Ceritakan Kondisi Terkini Marc Marquez

Rekaman cctv tersebut diunggah oleh akun instagram @kabarcileduk Jumat (26/11/2021). Sambil merokok, pelaku curanmor berhasil membawa kabur motor dengan menggunakan kuci khusus.

Untuk mengantisipasi agar terhindar dari kejadian tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan motor dicuri.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kabar Ciledug (@kabarciledug)

Pertama, parkirkan motor di posisi aman atau di dalam. Cara ini dinilai bisa menyulitkan maling ketika ingin meluncurkan aksinya. Karena saat terhalang motor lain, maling pasti akan berpikir dua kali untuk mengambil motor incarannya.

“Biasanya maling akan mencari posisi yang paling mudah untuk dijangkau. Jadi kalau mau parkir, cari tempat yang mengumpat,” ujar Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere Ribut Wahyudi saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Benarkah Matikan AC Mobil Saat Jalan Menanjak Bisa Tambah Tenaga Mesin?

Kedua, lakukan kunci setang ke kanan. Posisi kunci setang ke kanan dinilai lebih aman meminimalisir pencurian. Sebab dianggap bisa menyulitkan maling untuk beraksi.

Pengecualian untuk motor sport, posisi setang motor ke kanan membuatnya menjadi sedikit menutup lubang kunci, sehingga cukup menyulitkan untuk memasukan kunci T.

Menurut Ribut, posisi setang ke kanan akan membuat maling menghabiskan waktu yang lebih banyak untuk membobol kunci motor. Berbeda halnya jika posisi setang dikunci ke kiri.

Kunci Pengaman Tambahan untuk Motortokopedia Kunci Pengaman Tambahan untuk Motor

“Posisi tersebut (setang ke kiri), lubang kunci tidak tertutup oleh setang. Sehingga waktu untuk membobol lubang kunci relatif lebih cepat,” katanya.

Ketiga, pasang kunci pengaman tambahan. Perangkat tambahan yang disarankan adalah kunci pengaman pada tuas rem. Cara kerjanya dengan mengunci tuas rem dan tuas gas agar tidak bisa digunakan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.