HUT Ke-75, DAMRI Uji Coba Bus Listrik Menuju Bandara

Kompas.com - 25/11/2021, 19:01 WIB
Peresmian uji coba bus listrik DAMRI DOK. DAMRIPeresmian uji coba bus listrik DAMRI

JAKARTA, KOMPAS.com - DAMRI memperingati ulang tahunnya yang ke-75 pada hari Kamis (25/11/2021). Di usianya yang ke-75, DAMRI mengusung tema 'Menghubungkan Negeri' mendorong perubahan perusahaan yang lebih profesional dan fokus dengan perkembangan teknologi.

Pada acara ulang tahun ini juga DAMRI resmi meluncurkan uji coba operasional bus listrik yang bertempat di Gate 5 Terminal 3, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Sebelum akhirnya melakukan flag off, pihak DAMRI sudah mempelajari dan mengkaji penggunaan uji coba operasional bus listrik pada trayek regular dari dan ke bandara. Hal itu untuk memastikan kendaraan tersebut aman dan dapat dioperasikan.

Baca juga: Transmisi CVT New Avanza Beda dengan CVT Lainnya

Peresmian uji coba bus listrik DAMRIDOK. DAMRI Peresmian uji coba bus listrik DAMRI

Bus listrik yang nantinya akan dioperasikan DAMRI ini merupakan hasil kerjasama dengan PT Energi Makmur Buana dengan merek Edison Motors dan kerjasama dengan PT Sokonindo Automobile dengan merek mikro bus DFSK.

Keduanya telah memenuhi standar kualitas bodi dan komponen motor listrik serta baterai yang telah teruji. Jika seluruh kebijakan terkait kendaraan listrik sudah ditetapkan, maka DAMRI siap untuk mengimplementasikannya sejalan dengan keharusan perusahaan untuk bersikap adaptif atas tantangan masa depan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengoperasian bus listrik ini adalah wujud komitmen untuk turut serta berkontribusi mencapai target kendaraan listrik berbasis baterai yang mencapai 20 persen populasi kendaraan di Indonesia pada tahun 2025 dan penurunan emisi gas buang hingga 29 persen pada 2030.

Baca juga: Kesulitan Jual Motor Listrik di Indonesia

Langkah tersebut sejalan dengan Program Langit Biru yang telah diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

Program langit biru merupakan program pemerintah untuk mengendalikan pencemaran udara, terutama yang bersumber dari kendaraan bermotor dengan tujuan meningkatkan kualitas udara bersih dan mengurangi emisi gas buang.

Peresmian uji coba bus listrik DAMRIDOK. DAMRI Peresmian uji coba bus listrik DAMRI

DAMRI mulai berionovasi untuk penggunaan alat produksi dengan energi lebih ramah lingkungan, resiliensi, berkelanjutan, inovatif, modern, dan berbasis teknologi mutakhir untuk mendukung konektivitas transportasi darat.

Adapun DAMRI sangat terbuka untuk seluruh operator transportasi yang ingin melakukan kerjasama untuk penggunaan kendaraan listrik jenis micro bus dan sebagainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.