Kena Senggol Truk, Hati-hati Blind Spot Truk Saat Parkir

Kompas.com - 24/11/2021, 11:42 WIB
Blind Spot pada truk hampir berada di seluruh bagiannya. IstimewaBlind Spot pada truk hampir berada di seluruh bagiannya.

JAKARTA, KOMPAS.comTruk memang memiliki titik buta yang lebih luas dibanding kendaraan lainnya karena dimensi kendaraan yang besar. Titik buta atau blind spot merupakan area yang tidak terlihat oleh mata pengemudi, baik secara langsung maupun lewat spion.

Oleh karena itu, orang harus tahu di mana saja letak blind spot dari truk. Jangan sampai apes seperti seorang pengendara motor yang tersenggol truk karena masuk ke area blind spot truk yang sedang parkir.

Video tersebut diunggah akun Romansa Sopir Truck di Instagram dan sudah disukai oleh lebih dari 2.000 orang. Terlihat seorang pengendara motor yang nampak bingung ingin menyalip truk yang ada di sisi jalan.

Baca juga: Valentino Rossi Ungkap Penyesalan Terbesar Selama Balapan

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mungkin karena bingung, pengendara tadi malah diam di belakang boks truk tersebut. Maka terjadilah senggolan antara truk yang mundur dengan motor yang ada di belakang boks.

Tentu saja pengendara motor masuk ke blind spot dari truk. Hal ini terjadi karena truk tidak bisa melihat ada obyek apa di belakangnya karena tertutup boks.

Head Of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengingatkan jangan dekat dengan truk. Ada beberapa cara untuk mengetahui posisi pengendara masuk blind spot truk atau tidak, yaitu lihat pengemudi lewat kaca spion truk.

Baca juga: Toyota Veloz dan Avanza Calon MPV Sejuta Umat, SPK Mulai Menumpuk

“Sopir enggak lihat ada motor di belakangnya, lebih baik cari posisi yang aman, dapat terlihat oleh mata pengemudi dari kaca spion,” kata Agus kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Selain itu, dari sisi truk juga harus menyiapkan kernet yang membantu pengemudi untuk memarkirkan truk. Jadi kernet bisa mengamankan sisi truk yang tidak terlihat pengemudi, parkir jadi lebih aman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.