Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Veloz dan Avanza Calon MPV Sejuta Umat, SPK Mulai Menumpuk

Kompas.com - 23/11/2021, 08:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sepanjang pameran GIIAS yang berlangsung pada 11-21 November 2021, Toyota berhasil mengumpulkan surat pemesanan kendaraan (SPK) mencapai 4.502 unit.

Sesuai perkiraan sebelumnya, calon MPV sejuta umat Toyota Veloz dan Avanza mulai mendapatkan pesanan yang menumpuk. Generasi terbaru Veloz dan Avanza mencatatkan kontribusi terbesar masing-masing 823 unit dan 711 unit, atau 34 persen dari seluruh pesanan Toyota selama 11 hari pameran.

“Kami bersyukur atas respons positif terhadap kehadiran All New Veloz dan All New Avanza,” ujar Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto dalam keterangan resmi, Senin (22/11/2021).

Baca juga: Berlaku Saat Libur Nataru, Ini Aturan Berkendara Selama PPKM Level 3

Banyak orang penasaran dengan Veloz terbaru di booth Toyota pada GIIAS 2021.Dok. TAM Banyak orang penasaran dengan Veloz terbaru di booth Toyota pada GIIAS 2021.

Henry melanjutkan, respons yang sangat baik ini tidak lepas dari dukungan pemerintah dalam meningkatkan daya beli masyarakat, salah satunya dengan insentif PPnBM sebagai salah satu upaya pemulihan ekonomi, termasuk industri otomotif.

Selain duet maut ini, masih ada model-model lainnya yang juga laris selama pameran sekaligus menjadi lima besar kontributor SPK.

Seperti Raize yang meraih 651 unit atau 14,4 persen, kemudian Innova sejumlah 633 unit atau 14 persen, termasuk juga Fortuner sebanyak 529 unit atau 11,7 persen.

Baca juga: Kasih Sein Kanan Belok Kiri, Emak-emak Adu Mulut dengan Biker

Toyota Agya di GIIAS 2021KOMPAS.com/Dio Toyota Agya di GIIAS 2021

Produk GR Sport Toyota juga cukup diminati pelanggan, di mana komposisinya ada yang mencapai 87 persen jika dibandingkan dengan tipe non-GR Sport.

Sementara itu, Toyota juga menghadirkan berbagai pilihan kendaraan elektrifikasi, mulai dari Baterry Electric Vehicle (BEV), Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV), hingga Hybrid Electric Vehicle (HEV).

Kendaraan elektrifikasi Toyota turut mendapat animo positif pelanggan, di mana komposisi tipe Hybrid Electric Vehicle (HEV) untuk Camry yaitu 71 persen dan pada Corolla Cross 64 persen.

“Kami berharap, kehadiran Toyota pada GIIAS 2021 ini dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya memperkenalkan dan menyosialisasikan teknologi terkini kepada masyarakat,” ucap Presiden Direktur TAM Susumu Matsuda pada kesempatan yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com