Karoseri Tentrem Juga Siapkan Bodi untuk Bus Listrik

Kompas.com - 22/11/2021, 15:01 WIB
Bus listrik Skywell KOMPAS.com/SETYO ADIBus listrik Skywell

TANGERANG, KOMPAS.com – Pada gelaran GIIAS 2021, Karoseri Tentrem memperkenalkan produk baru, yakni Avante H7 AB. Produk terbaru ini menggunakan aluminium untuk bodinya, Tentrem mengklaim kalau bodinya lebih ringan 500 kg.

Hendro Wibowo, GSO & Fleet Karoseri Tentrem menjelaskan, untuk produk terbaru ini cuma bagian bodinya saja yang dari aluminium, sedangkan rangkanya masih besi. Namun Tentrem juga menyiapkan rangka dari stainless steel.

“Kita biasa kalau rangka bisa dari stainless steel. Rencanya bus listrik nanti bakal pakai rangka stainless steel,” ucap Hendro kepada Kompas.com di Tangerang, belum lama ini.

Baca juga: Cara Bayar Pajak Kendaraan Tanpa Harus ke Samsat

Bus baru Karoseri Tentrem, Avante H7 AB yang dipasang ke sasis Hino R260KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus baru Karoseri Tentrem, Avante H7 AB yang dipasang ke sasis Hino R260

Hendro mengatakan, Karoseri Tentrem sedang mengembangkan bodi untuk bus listrik. Mengingat sasis dari bus listrik punya beban yang berat, karena baterainya yang memiliki ukuran cukup besar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kita sedang develop untuk bus listrik, mengejar bobotnya,” ucap Hendro.

Sampai saat ini, memang belum terlihat akan seperti apa tampilannya. Hendro mengatakan, bus listrik buatan Karoseri Tentrem akan segera dirilis dalam waktu dekat, sebelum 2022.

Baca juga: WSBK Baru Rampung, MGPA Langsung Bersiap buat MotoGP 2022

Untuk bodi bus listrik, sebelum Karoseri Tentrem, Karoseri Laksana juga sudah membuatnya dengan nama e-Cityline. Bodi tersebut merupakan bus perkotaan dengan ukuran besar.

Selain itu ada juga Mobil Anak Bangsa (MAB) yang sudah memproduksi bus listrik di Kudus. Begitu juga dengan bus medium PT INKA yang bodinya juga dibuat karoseri lokal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.