Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karoseri Tentrem Juga Siapkan Bodi untuk Bus Listrik

Kompas.com - 22/11/2021, 15:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Pada gelaran GIIAS 2021, Karoseri Tentrem memperkenalkan produk baru, yakni Avante H7 AB. Produk terbaru ini menggunakan aluminium untuk bodinya, Tentrem mengklaim kalau bodinya lebih ringan 500 kg.

Hendro Wibowo, GSO & Fleet Karoseri Tentrem menjelaskan, untuk produk terbaru ini cuma bagian bodinya saja yang dari aluminium, sedangkan rangkanya masih besi. Namun Tentrem juga menyiapkan rangka dari stainless steel.

“Kita biasa kalau rangka bisa dari stainless steel. Rencanya bus listrik nanti bakal pakai rangka stainless steel,” ucap Hendro kepada Kompas.com di Tangerang, belum lama ini.

Baca juga: Cara Bayar Pajak Kendaraan Tanpa Harus ke Samsat

Bus baru Karoseri Tentrem, Avante H7 AB yang dipasang ke sasis Hino R260KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus baru Karoseri Tentrem, Avante H7 AB yang dipasang ke sasis Hino R260

Hendro mengatakan, Karoseri Tentrem sedang mengembangkan bodi untuk bus listrik. Mengingat sasis dari bus listrik punya beban yang berat, karena baterainya yang memiliki ukuran cukup besar.

“Kita sedang develop untuk bus listrik, mengejar bobotnya,” ucap Hendro.

Sampai saat ini, memang belum terlihat akan seperti apa tampilannya. Hendro mengatakan, bus listrik buatan Karoseri Tentrem akan segera dirilis dalam waktu dekat, sebelum 2022.

Baca juga: WSBK Baru Rampung, MGPA Langsung Bersiap buat MotoGP 2022

Untuk bodi bus listrik, sebelum Karoseri Tentrem, Karoseri Laksana juga sudah membuatnya dengan nama e-Cityline. Bodi tersebut merupakan bus perkotaan dengan ukuran besar.

Selain itu ada juga Mobil Anak Bangsa (MAB) yang sudah memproduksi bus listrik di Kudus. Begitu juga dengan bus medium PT INKA yang bodinya juga dibuat karoseri lokal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com