Kompas.com - 20/11/2021, 12:25 WIB
|

TANGERANG, KOMPAS.com – Suzuki telah menyatakan untuk menghentikan pemasaran Karimun Wagon R di Indonesia. Saat ini penjualan dilakukan semata untuk menghabiskan stok yang masih ada. Sementara produksi masih dilakukan untuk memenuhi kebutuhan ekspor.

Melihat sejarahnya, Karimun Wagon R merupakan salah satu city car yang disiapkan Suzuki untuk memenuhi persyaratan mobil LCGC dari pemerintah.

Meluncur sejak 2013, Karimun Wagon R jadi mobil yang value for money dengan kombinasi harga terjangkau dan fitur yang terbilang cukup di kelasnya.

Baca juga: Resmi, LCGC Masuk Daftar Penerima PPnBM 0 Persen

Karimun Estilo Karimun Estilo

Namun kiprah mobil ini sebetulnya telah dimulai sejak 1999 melalui Karimun kotak. Kemudian dilanjut dengan Karimun Estilo yang beredar pada 2007.

Karimun Wagon R juga memiliki varian blind van yang diposisikan sebagai kendaraan niaga. Pada 2014, Suzuki mengenalkan Karimun Wagon R GS yang menggantikan tipe Dilago sebelumnya.

Mobil ini pun langsung jadi pesaing utama mobil-mobil di segmen LCGC, seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Datsun Go (telah discontinue), dan Honda Brio sampai sekarang.

Baca juga: Ketika Calon Juara Dunia WSBK Bantu Emak-emak Potong Rumput

Ilustrasi Suzuki Karimun Wagon RDok. Otomotif Group Ilustrasi Suzuki Karimun Wagon R

Jika Suzuki benar-benar tak memberikan nama ‘Karimun’ pada city car selanjutnya, artinya berakhir sudah perjalanan mobil mungil ini setelah 22 tahun.

Untuk diketahui, Karimun Wagon R mengusung mesin K10B 1.000 cc DOHC 3-silinder bertenaga 67 tk dan torsi 90 Nm. Mesin tersebut dikombinasikan dengan transmisi manual 5-percepatan atau otomatis AGS.

Berkaca dari data wholesales Gaikindo, penjualan Karimun Wagon R pernah mengalami penjualan terbanyak pada 2016. Ketika itu, LCGC Suzuki ini bisa terdistribusi sebanyak 235.170 unit.

Baca juga: PPKM Level 3 Saat Libur Nataru Diklaim Tidak Ada Penyekatan

Suzuki Karimun Wagon R Special EditionSIS Suzuki Karimun Wagon R Special Edition

Setahun berselang, perolehannya masih cukup bagus, meski turun sedikit ke angka 234.554 unit. Namun pada 2018, turun lagi ke angka 230.444 unit.

Pada 2019, Suzuki harus puas dengan penjualan Karimun Wagon R yang mencatat 217.454 unit. Puncaknya, pada tahun lalu mobil ini hanya bisa meraih 104.650 unit. Sedangkan pada periode Januari-September 2021, perolehan mobil ini telah mencapai 109.896 unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.