Kompas.com - 20/11/2021, 11:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran World Superbike 2021 di Sirkuit Mandalika akan berlangsung 19-21 November 2021. Terkait diselenggarakannya acara tersebut, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyiapkan rekayasa lalu lintas di kawasan Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB.

Rangkaian latihan bebas World Superbike Mandalika 2021 bakal melakoni balapan dari tiga kelas berbeda. Dimulai dari Idemitsu Asia Talent Cup (IATC), World Supersport (WSSP), hingga WSBK.

Baca juga: Ketika Calon Juara Dunia WSBK Bantu Emak-emak Potong Rumput

Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri, Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan, rekayasa lalu lintas dimaksudkan untuk mengatur parkir penonton di Sirkuit Mandalika.

“Untuk rekayasa lantas terutama untuk parkir, jadi para pengunjung yang datang dari arah bandara ini akan diarahkan ke parkir timur nantinya. Jadi tidak bisa langsung masuk ke sirkuit,” kata Aan dalam keterangan resmi, Jumat (19/11/2021).

Kementerian Perhubungan menggelar Tactical Floor Game (TFG) atau simulasi manajemen dan rekayasa lalu lintas, sebagai dukungan persiapan penyelenggaraan event balap motor World Superbike (WorldSBK) yang berlangsung di Lombok, Nusa Tenggara Barat pada 19-21 November 2021.DOKUMENTASI KEMENHUB Kementerian Perhubungan menggelar Tactical Floor Game (TFG) atau simulasi manajemen dan rekayasa lalu lintas, sebagai dukungan persiapan penyelenggaraan event balap motor World Superbike (WorldSBK) yang berlangsung di Lombok, Nusa Tenggara Barat pada 19-21 November 2021.

Jenderal bintang satu itu mengatakan, lahan seluas 5 hektare telah disiapkan di parkit timur. Nantinya pengunjung akan menukarkan tiketnya ke panitia, lalu diberikan gelang.

“Kemudian naik shuttle bus menuju ke sirkuit. Negitu juga untuk sekat barat. Jadi ada dua tempat parkir, timur dan barat. Itu kita atur sedemikian rupa sehingga tidak crowded di sekitar sirkuit,” ucapnya.

Baca juga: Suzuki Stop Penjualan Karimun Wagon R di Indonesia

Selain untuk pengunjung, Polisi juga menyiapkan gelang khusus untuk masyarakat yang bertempat tinggal di sekitaran Sirkuit Mandalika. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat tetap bisa keluar masuk kawasan dan melakukan kativitasnya.

“Kemudian untuk contra flow maupun alih arus, itu situasional. Nanti pada saat pulang apabila arus ini padat akan diberlakukan one way menuju arah bandara. Begitu juga di sekat barat,” kata Aan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meminta agar sisi sepanjang Jalan Bypass Bandara International Lombok (BIL) -Mandalika dipasang pembatas. Kementerian PUPR Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meminta agar sisi sepanjang Jalan Bypass Bandara International Lombok (BIL) -Mandalika dipasang pembatas.

Untuk penerapan di lapangan, Aan telah membagi jajarannya di lapangan menjadi statis dan mobile melaksanan patroli. Dia pun memastikan situasi hari ini berjalan kondusif dan masyarakat antusias.

Baca juga: Daftar Harga Motor Listrik di GIIAS 2021, Mulai Rp 12 Jutaan

“Ini sudah memasuki hari pertama, alhamdulillah ini sudah berjalan dengan baik. Masih ada sisa dua hari, dan masyarakat Lombok juga antusias untuk mendukung pelaksanaan superbike ini,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.