Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Optimalisasi Layanan Digital

Kompas.com - 20/11/2021, 11:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memaksimalkan penggunaan platform digital sebagai upaya bertahan agar bisa melayani konsumen di era pandemi Covid-19 dengan maksimal. Mulai dari call center, Suzuki Emergency Road Assistence, serta aplikasi MySuzuki dan situs resminya.

Hariadi, Service Asst. to Dept, Head PT SIS mengatakan, pada 2021 kinerja bengkel dan servis Suzuki mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Hal tersebut diklaim lantaran permintaan servis Suzuki meningkat ketika pandemi Covid-19.

"Hal ini karena banyaknya kendaraan yang lama tak terpakai dan hendak dipakai sehingga harus melalui screening service lebih dahulu agar tak terjadi masalah. Selain itu, peningkatan permintaan servis ini juga terjadi karena adanya kemudahan dan keamanan pelayanan melalui platform digital yang dioptimalkan Suzuki, seperti Halo Suzuki dan SERA," kata Hariadi saat konferensi pers di ajang GIIAS 2021, Jumat (19/11/2021).

Baca juga: Komparasi MPV Murah New Xenia dan New Xpander

Sampai saat ini Suzuki memiliki 462 bengkel resmi yang tersebar di seluruh Indonesia dengan total servis mobil dan sepeda motor yang telah dilayani mencapai 1.041.571 unit intake yang terdiri dari 770.985 mobil di total 234 bengkel dan 270.568 motor di 228 bengkel.

Ilustrasi servis mobil di bengkel Suzuki.DOK. SUZUKI INDOMOBIL SALES Ilustrasi servis mobil di bengkel Suzuki.

Menurut Hariadi, dari total unit mobil tersebut, sebanyak 39 persen masuk ke dalam kategori perbaikan ringan, 60 persen masuk ke dalam kategori perbaikan menengah, dan 2 perse ke dalam kategori perbaikan berat.

Optomalisasi layanan digital melalui MySuzuki juga memudahkan konsumen untuk transaksi pembelian suku cadang asli, seperti suku cadang mesin, transmisi, kelistrikan, suspensi, bodi, pembelian oli dan chemical Suzuki.

Tahun ini, Suzuki mencatatkan peningkatan sebesar 33 persen dalam penjualan suku cadang mobil dan motor yang didominasi oleh Suzuki Genuine Parts dan Suzuki Genuine Oil.

Baca juga: Absen di GIIAS, Suzuki Habiskan Stok Karimun Wagon R

Suzuki Gixxer SF KOMPAS.com/ADITYO WISNU Suzuki Gixxer SF

Lewat My Suzuki, konsumen bisa membeli suku cadang resmi dan dikirim langsung atau diambil dari diler terdekat. Namun untuk diler yang saat ini melayani pengiriman komponen masih di area Jabodetabek, Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali, dengan sistem satu harga tanpa ada perbedaan harga dari Sabang sampai Marauke.

"Sepanjang 2021, Suzuki mencatat transaksi melalui MySuzuki mengalami peningkatan 33 persen. Pada 2022, Suzuki menargetkan penjualan spareparts dapat tumbuh 5–10 persen dibanding 2021," kata Christiana Yuwantie, Spareparts Dept. Head PT SIS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com