Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluang Brio Pertahankan Tahta Mobil Terlaris pada 2021

Kompas.com - 20/11/2021, 11:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – PT Honda Prospect Motor (HPM) masih mengandalkan Brio sebagai volume maker tahun ini. Bukan cuma di segmen LCGC, Brio juga dijagokan jadi mobil terlaris secara nasional.

Seperti diketahui, pada tahun lalu Brio jadi mobil paling laku mengungguli perolehan mobil yang sering menempati urutan teratas dalam hal penjualan, seperti Avanza.

Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director HPM, mengatakan, pihaknya optimistis kendaraan segmen LCGC masih tumbuh lebih baik pada tahun ini.

"Kita sangat optimistis bahwa kendaraan LCGC terutama untuk kendaraan Honda Brio," ujar Billy, dalam konferensi pers di ICE BSD City, Tangerang (18/11/2021).

Baca juga: Suzuki Stop Penjualan Karimun Wagon R di Indonesia

Honda Brio Satya di booth Honda pada ajang GIIAS 2021.KOMPAS.com/GILANG SATRIA Honda Brio Satya di booth Honda pada ajang GIIAS 2021.

Menurutnya, Brio memang menjadi penyumbang terbesar dalam penjualan Honda di tahun ini dan sebelumnya, walaupun krisis cip semikonduktor turut mempengaruhi produksi mobil mungil tersebut.

"Namun kita terkendala pasokan cip semikonduktor. Pada September, Brio sempat turun sangat jauh dan drop sekali. Namun, Oktober mulai meningkat 80 persen," ucap Billy.

Billy juga mengatakan, perusahaan akan terus memantau perkembangan krisis cip dunia. Ia yakin masalah ini akan segera teratasi pada 2022.

Baca juga: Daftar Harga Motor Listrik di GIIAS 2021, Mulai Rp 12 Jutaan

Honda Brio Satya CVTKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda Brio Satya CVT

"Tahun depan, kami belum terima perkembangan masalah krisis cip ini. Kami terus update dan agar bisa produksi secepatnya," kata Billy.

Sebagai informasi, Brio merupakan satu dari sekian model andalan HPM di GIIAS 2021, selain BR-V terbaru dan City Hatchback.

Pada pameran mobil itu, Brio diklaim mendapat sambutan positif. Sejak pameran dibuka pada 11 November kemarin, pemesanan Brio mencapai 150 unit per hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com