Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komparasi SUV Medium Ladder Frame Isuzu mu-X dan Mitsubishi Pajero Sport

Kompas.com - 18/11/2021, 18:12 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Isuzu Astra Motor Indonesia akhirnya mengenalkan generasi terbaru SUV medium ladder frame, mu-X 4x4, kepada masyarakat. Peluncuran mu-X ini dilakukan di lantai Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, Kamis (11/11/2021).

Pada segmen SUV medium ladder frame ini, sudah ada sejumlah nama besar yang lebih dulu bermain di pasar otomotif Indonesia. Salah satunya yakni Mitsubishi Pajero Sport.

Sebagai komparasi, berikut perbandingan antara kedua mobil tersebut dilihat dari sejumlah aspek seperti eksterior, interior, dapur pacu, hingga banderolnya.

Baca juga: PPKM Level 3 Berlaku Saat Libur Nataru, Bagaimana Aturan Perjalanan?

Pajero Sport Facelift Dakar Ultimate 4x2KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Pajero Sport Facelift Dakar Ultimate 4x2

1. Eksterior

Isuzu melakukan banyak ubahan pada tampang luar mu-X 4x4 generasi terbaru. Dari sisi depan, mu-X kini menggunakan headlamp LED berteknologi Day-time Running Light dengan model yang lebih pipih dari pendahulunya.

Geser ke samping, nampak pelek alloy 17 inci desain baru guna mempertegas kesah gagah dan kokoh. Kaca samping paling belakang pun didesain lebih sporty karena berbentuk melandai berbeda dari versi lawasnya.

Ke belakang, model lampu horizontal tetap dipertahankan. Hanya saja bagian ujungnya dibentuk lancip. Bagian lampu kombinasi di sisi belakang ini juga sudah menggunakan LED.

Beralih ke Pajero Sport, Mitsubishi mengandalkan desain bernama 'Dynamic Shield' sebagai ciri khasnya. Bahasa desain ini ditunjukkan lewat sisi depan berupa desain gril yang memberikan aura mewah namun gagah.

Di sisi samping, terpasang pelek berukuran 18 inci membuat Pajero Sport tampak jangkung. Lantas menilik sisi belakangnya terlihat rear combination lamp didesain lebih futuristik dibandingkan versi lawasnya. Kesan gagah makin tegas dengan adanya paduan shark fin antenna dan spoiler belakang.

Baca juga: Potongan Harga Honda ADV150 Nyaris Rp 4 Juta

Tampilan belakang SUV baru, All New Isuzu Mu-X 1.9 Diesel di GIIAS 2021.KOMPAS.com/M Fathan Radityasani Tampilan belakang SUV baru, All New Isuzu Mu-X 1.9 Diesel di GIIAS 2021.

2. Interior

Masuk ke kabin Isuzu mu-X, suasananya memang tidak terlalu ramai. Warna yang digunakan juga dominan hitam dengan sedikit permainan aksen krom. Urusan interior, Isuzu mu-X nampak ingin bermain kalem dengan cukup bermain pilihan warna bernuansa gelap.

Untuk joknya pun memakai bahan fabric. Namun pengaturan roda kemudinya dapat dikatakan lengkap karena sebab sudah bisa tilt maupun teleskopik.

Di dalam Mitsubishi Pajero Sport, nampak material kulit bernuansa gelap yang diterapkan di sejumlah bagian seperti jok, setir, hingga ke shift knob. Pada bagian head unit dilengkapi dengan layar sentuh berukuran 8 inci.

Yang cukup asyik dari Pajero Sport mengenai konfigurasi tempat duduk adalah jok di baris kedua dan ketiga bisa direbahkan hingga rata. Berkat hal tersebut, ruang bagasi Pajero Sport jadi makin luas bagi yang hendak membawa barang bawaan dalam jumlah banyak.

Baca juga: Komparasi New Xpander Cross Versus All New BR-V, Pilih Mana?

Tampilan Pajero Sport Dok. Mitsubishi Motors Indonesia Tampilan Pajero Sport

3. Fitur

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com