Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesiapan Pertamina Sediakan Bahan Bakar Diesel Standar Euro 4

Kompas.com - 16/11/2021, 16:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Kebijakan mengenai kendaraan diesel yang diproduksi di Indonesia mulai April 2022 harus memenuhi standar Euro 4 sudah semakin dekat.

Para produsen kendaraan diesel, salah satunya Isuzu sudah mempersiapkan baik produk maupun layanan purna jualnya. Tetapi, bagaimana persiapan Pertamina sebagai penyedia bahan bakar yang sesuai dengan standar Euro 4, apakah sudah siap?

Remigius Choerniadi Tomo, Manager Product and Service Development PT Pertamina Patra Niaga mengatakan, belum semua SPBU yang nantinya bakal menjual Pertamina Dex dengan kadar sulfur di bawah 50 ppm.

Baca juga: Simulasi Kredit Toyota New Veloz, Angsuran Mulai Rp 4 Jutaan

Ilustrasi Dexlite dan Pertamina DexPertamina Ilustrasi Dexlite dan Pertamina Dex

“Kita menyadari bahwa pengguna mesin diesel Euro 4 tahun depan tidak akan ada di seluruh Indonesia, pasti akan ada di kota-kota besar. Tetapi dari 5.000-an lebih SPBU di Pertamina, saat ini 2.019 SPBU sudah menyediakan Pertamina Dex,” ucapnya di Gaikindo Indonesia International Auto Show, belum lama ini.

Nantinya, stok Pertamina Dex yang ada di 2.019 SPBU yang kadar sulfurnya sekita 100 ppm akan diganti semua dengan Pertamina Dex yang kadar sulfurnya di bawah 50 ppm. Choerniadi juga mengatakan kalau seluruh kabupaten di Indonesia sudah ter-cover dengan SPBU tersebut.

Baca juga: Xenia Baru Disebut Mirip Xpander, Ini Kata Daihatsu

“Jadi dari 33 provinsi di Indonesia, jumlah kabupaten yang menyediakan sudah 95 persen. Jadi sudah cukup meng-cover kebutuhan bahan bakar Euro 4 tahun depan,” ucap Choerniadi.

Kemudian untuk lokasi yang terpencil atau remote, Pertamina memiliki agen-agen bbm industri yang menjangkau seluruh Indonesia. Selain itu, kalau beli dalam jumlah kecil, Pertamina siap mengirimkan dalam bentuk kemasan jeriken volume sekitar 20 liter.

“Sehingga daerah-daerah terpencil pun kami siap untuk mengakomodir,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com