Kompas.com - 14/11/2021, 17:02 WIB
|

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Mitsubishi Motos Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengakui bila layanan purna jual alias aftersales perseroan belum sempurna untuk dapat memberi kepuasan terbaik terhadap konsumen di dalam negeri.

Namun apabila melihat beberapa waktu belakangan, layanan tersebut terus mengalami peningkatan. Khususnya ketika model Xpander meluncur untuk kali pertama pada 2017 dan langsung mendapat respons positif.

"Jujur saja, aftersales kami sebelumnya tidak terlalu bagus karena memang awalnya dari niaga, bukan kendaraan penumpang. Semenjak kita berjualan Xpander, layanan terus berubah menyesuaikan konsumen," ujar Tetsuhiro Tsuchida, Director sales and Marketing Division PT MMKSI.

Baca juga: Ertiga Dianggap Masih Bisa Melawan Avanza atau Xpander

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) saat peluncuran mobil terbaru New Xpander dan New Xpander Cross di ajang GIIAS 2021 di ICE, BSD, Tangerang Selatan, Kamis (11/11/2021). MMKSI mengumumkan harga dari kedua produk tersebut. Xpander terbaru dipasarkan dengan harga mulai Rp 228 jutaan hingga Rp 272,5 jutaan dengan pilihan transmisi manual dan CVT. Model New Xpander Cross hadir dengan banderol harga Rp 294 jutaan sampai Rp 291 jutaan.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) saat peluncuran mobil terbaru New Xpander dan New Xpander Cross di ajang GIIAS 2021 di ICE, BSD, Tangerang Selatan, Kamis (11/11/2021). MMKSI mengumumkan harga dari kedua produk tersebut. Xpander terbaru dipasarkan dengan harga mulai Rp 228 jutaan hingga Rp 272,5 jutaan dengan pilihan transmisi manual dan CVT. Model New Xpander Cross hadir dengan banderol harga Rp 294 jutaan sampai Rp 291 jutaan.

"Saat itu saya terus berusaha mendengar keinginan konsumen bagaimana lalu saya putuskan bagaimana bisa memberikan layanan terbaik. Di saat itu, dibuatlah program khusus seperti Mitsubishi One," lanjut dia.

Secara bertahap, ujar Tetsuhiro, layanan MMKSI mengalami perubahan dan perbaikan. Sehingga saat ini, penilaian masyarakat untuk aftersales dapat memberikan kesan tersendiri.

Terlebih, perseroan selalu menyiapkan program atau paket khusus seperti smart package yang mampu mengurangi beban konsumen dalam memiliki kendaraan.

Baca juga: Cara Daihatsu Goda Konsumen Selama GIIAS 2021


"Kami terus berupaya meningkatkan layanan aftersales ini. Pasalnya, hal ini merupakan kunci utama untuk brand kami," ujar Eichiro Hamazaki, Director Aftersales Division PT MMKSI.

"Saya percaya, tidak ada bisnis yang baik di sektor otomotif selain mengedepankan kepuasan konsumen," tambah dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.