Ganti Kulit, BMW R18 Custom Bergaya Cafe Racer

Kompas.com - 09/11/2021, 16:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama Shinya Kimura terkenal di dunia custom motor dengan gaya chopper yang khas. Kini builder asal Jepang itu diberikan tugas oleh BMW untuk mengkustom BMW R18.

Kimura merupakan sedikit builder yang mengkustom R18 setelah Roland Sands dan Dirk Oehlerking. BMW tahu bahwa Kimura akan mengambil pendekatan berbeda dengan R18.

Baca juga: Truk Trailer Diimbau Pakai Safety Brake untuk Kurangi Kecelakaan

Motor custom BMW R18 karya Shinya Kimura Foto: Rideapart Motor custom BMW R18 karya Shinya Kimura

Di tangan Kimura motor yang sejatinya bergaya cruiser tersebut berubah bentuk menjadi cafe racer. Elemen gaya motor sport jadul dapat dilihat dari fairing lampu depan, hingga buntut tawon.

“Saya mengendarai R 18 standar selama beberapa ratus kilometer untuk mengenal karakter motornya,” kata Kimura mengutip Rideapart, Selasa (19/11/2021).

Di bagian depan, penemu "Zero Style" itu memasang fairing dengan dua lampu depan asimetris. Di bawahnya ada bentuk bilah-bilah horizontal rapat menyerupai gigi paus sesuai namanya "The Wal."

Baca juga: Update Rencana Xpander Hybrid di Indonesia, Siap Meluncur 2023

Motor custom BMW R18 karya Shinya Kimura Foto: Rideapart Motor custom BMW R18 karya Shinya Kimura

Untuk menyesuaikan bentuk motor cruiser, Kimura mengganti tangki standar tear drop menjadi lebih panjang. Selain masalah estetika juga untuk memperbesar kapasitas penyimpanan.

Subframe baru membuat kursi belakang jadi lebih tinggi. Alhasil ruang kaki buat pengendara juga lebih luas. Jok bergaya bucket dilapisi Japan’s Backdrop Leathers agar lebih nyaman.

Setang turut diganti dan terakhir ialah fender depan kecil sebagai pemanis. Kemudian ban standar diganti jadi lebih kecil di depan agar nyaman buat perjalanan panjang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.