Alasan Xpander Beralih Menggunakan Transmisi Otomatis CVT

Kompas.com - 09/11/2021, 14:21 WIB
Ilustrasi Mitsubishi Xpander facelift Dok. MMKSIIlustrasi Mitsubishi Xpander facelift
|

JAKARTA, KOMPAS.comMitsubishi akhirnya resmi merilis Xpander model baru yang mendapat pembaruan di sektor eksterior, interior, fitur-fitur hingga teknologinya. Termasuk adanya perubahan di sektor transmisi otomatis, dari torque converter menjadi CVT.

Hikaru Mii, Director of Product Strategy Division PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mengatakan, ada sejumlah alasan yang mendasari perubahan sistem transmisi otomatis pada Xpander dan Xpander Cross.

“Salah satu penyempurnaan luar biasa adalah penyematan CVT dari konvensional,” ujar Hikaru Mii, dalam konferensi virtual (9/11/2021).

Baca juga: Pilihan Sedan Bekas di Bawah Rp 50 Jutaan di Semarang

Ilustrasi dasbor Mitsubishi XpanderDok. MMKSI Ilustrasi dasbor Mitsubishi Xpander

“Ini dari hasil mendengarkan semua pelanggan. CVT memastikan konsumen mendapatkan kenyamanan dan efisiensi yang tinggi,” kata dia.

Selain perubahan pada transmisi CVT, inovasi juga berlanjut pada sektor kaki-kaki. Menurut Hikaru Mii, suspensi yang digunakan menggunakan teknologi yang sudah tersemat pada model Pajero Sport.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Peningkatan suspensi sama dengan yang ada di Pajero Sport. Biasanya juga digunakan oleh kendaraan Eropa," ucap Hikaru Mii.

Baca juga: Jelang GIIAS 2021, Intip Persiapan Peserta

Ilustrasi Mitsubishi Xpander faceliftDok. MMKSI Ilustrasi Mitsubishi Xpander facelift

Dengan ubahan pada sektor transmisi, performa Xpander facelift bisa dibilang memiliki karakter yang berbeda dari model sebelumnya.

Low MPV ini diklaim dapat memberikan keseimbangan terbaik antara akselerasi yang maksimal dan tajam, layaknya transmisi AT atau matik 8-percepatan yang efisiensi dan memiliki rasa perpindahan gigi yang mulus.

Transmisi CVT ini dipadukan dengan mesin yang sama, yakni 1.5L MIVEC DOHC 16 katup spesifikasi Euro4.

Dapur pacu ini menghasilkan tenaga maksimum 105 PS atau setara 103 tk pada 6.000 rpm, torsi 141 Nm pada 4.000 rpm.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.