Ini Deretan Fitur Yamaha Nmax yang Bikin Nyaman buat Touring

Kompas.com - 05/11/2021, 14:12 WIB
All New Yamaha Nmax 155 Dok. YIMMAll New Yamaha Nmax 155
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha Nmax merupakan salah satu skutik bongsor paling populer di Indonesia. Setelah versi barunya meluncur pada akhir 2019 banyak hal yang menarik dari motor ini.

Kompas.com sudah beberapa kali menjajal All New Nmax Connected/ABS dan rasanya tidak pernah bosan mengendarainya. Yamaha memang menjejalkan banyak fitur di motor ini untuk menarik konsumen.

Jajal All New Nmax Connected/ABSKOMPAS.com/Adityo Jajal All New Nmax Connected/ABS

Salah satunya yaitu aplikasi rem ABS dual channel. ABS singkatan anti-lock braking system dibuat untuk mencegah roda terkunci saat melakukan pengereman secara mendadak.

Baca juga: Jangan Sampai Menyesal Biarkan Wiper Getas Menggesek Jendela Mobil

ABS terbukti mampu mencegah pengendara terpelanting. Meski tidak sampai mengalami hal tersebut, Kompas.com merasakan bahwa rem ABS membuat perasaan berkendara jadi lebih nyaman.

Belum lama ini Kompas.com touring singkat bersama redaksi atau sering disebut gas tipis ke daerah di Jawa Barat. Saat melalui jalan berkelok dan sedikit berlubang terasa pengendalian lebih percaya diri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Performa rem ABS tersebut tidak berdiri sendiri sebab di generasi baru Nmax, Yamaha turut membekali teknologi Traction Control System(TCS) alias kontrol traksi yang dulu hanya ada di motor gede (moge).

Jajal All New Nmax Connected/ABSKOMPAS.com/Adityo Jajal All New Nmax Connected/ABS

TCS mampu menurunkan risiko selip saat motor melaju di jalan yang licin. Sehingga menurunkan potensi terjadinya kecelakaan.

Baca juga: Jangan Sampai Menyesal Biarkan Wiper Getas Menggesek Jendela Mobil

Secara teknis, fitur TCS berfungsi mencegah ban belakang kehilangan traksi (selip) saat motor sedang berakselerasi di permukaan jalan yang licin, seperti jalan berpasir atau jalan basah akibat guyuran hujan.

Cara kerjanya yakni memanfaatkan perangkat speed sensor yang membaca kecepatan putaran roda depan maupun belakang.

Ketika sensor mendeteksi adanya perbedaan kecepatan, maka informasi tersebut akan langsung dikirimkan ke ECU, dan kemudian ECU akan meresponnya dengan mengurangi putaran mesin.

Yamaha NMAX 155 Connected/ABSKompas.com/Donny Yamaha NMAX 155 Connected/ABS

Baca juga: Mesin Mobil Pakai Turbo Diklaim Lebih Irit Bensin, Mitos atau Fakta?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.