Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Deretan Fitur Yamaha Nmax yang Bikin Nyaman buat Touring

Kompas.com sudah beberapa kali menjajal All New Nmax Connected/ABS dan rasanya tidak pernah bosan mengendarainya. Yamaha memang menjejalkan banyak fitur di motor ini untuk menarik konsumen.

Salah satunya yaitu aplikasi rem ABS dual channel. ABS singkatan anti-lock braking system dibuat untuk mencegah roda terkunci saat melakukan pengereman secara mendadak.

ABS terbukti mampu mencegah pengendara terpelanting. Meski tidak sampai mengalami hal tersebut, Kompas.com merasakan bahwa rem ABS membuat perasaan berkendara jadi lebih nyaman.

Belum lama ini Kompas.com touring singkat bersama redaksi atau sering disebut gas tipis ke daerah di Jawa Barat. Saat melalui jalan berkelok dan sedikit berlubang terasa pengendalian lebih percaya diri.

Performa rem ABS tersebut tidak berdiri sendiri sebab di generasi baru Nmax, Yamaha turut membekali teknologi Traction Control System(TCS) alias kontrol traksi yang dulu hanya ada di motor gede (moge).

TCS mampu menurunkan risiko selip saat motor melaju di jalan yang licin. Sehingga menurunkan potensi terjadinya kecelakaan.

Secara teknis, fitur TCS berfungsi mencegah ban belakang kehilangan traksi (selip) saat motor sedang berakselerasi di permukaan jalan yang licin, seperti jalan berpasir atau jalan basah akibat guyuran hujan.

Cara kerjanya yakni memanfaatkan perangkat speed sensor yang membaca kecepatan putaran roda depan maupun belakang.

Ketika sensor mendeteksi adanya perbedaan kecepatan, maka informasi tersebut akan langsung dikirimkan ke ECU, dan kemudian ECU akan meresponnya dengan mengurangi putaran mesin.

Pada mode default atau setelan pabrikan, fitur TCS pada All New Nmax 155 Connected ABS dalam kondisi menyala atau aktif.

Fitur ini juga dapat dimatikan dengan cara menekan tombol switch control yang ada di kiri setang kemudi. Setelah itu, menu pilihan On dan Off nya dapat dilihat pada tampilan layar panel instrumen atau speedometer.

Rasa berkendara

Impresi Nmax baru cukup baik dengan berbagai ubahan yang terasa berbeda dari model lawas. Posisi berkendara yang ada di Nmax lawas masih dipertahankan pada model berstatus generasi terbaru ini.

Kenyamanannya masih sama, tanpa terasa ada penurunan kualitas. Jok yang digunakan lebar dan mampu menopang pinggul dengan baik.

Selain itu jok juga dibuat bertingkat, untuk memberikan privasi dan kenyaman tersendiri untuk penumpang di belakang.

Posisi tangan di atas setang juga kurang lebih masih sama, tetap nyaman untuk perjalanan jauh tapi sekaligus mudah digunakan menyelip di jalan padat perkotaan.

Untuk posisi kaki, Yamaha tetap menawarkan kenyamanan yang sama. Ada dua posisi kaki, posisi normal dan posisi kaki ke depan yang membuat kaki tidak pegal saat perjalanan jauh.

Dari posisi duduk, visibilitas ke speedometer juga tidak terganggu. Informasi yang ditampilkan pada panel meter bisa dilihat jelas, baik siang atau malam hari.

Suspensi

Fitur unggulan lain pada Nmax baru terletak pada peredam kejut atau shockbreaker di bagian belakang. Shockbreaker model tabung ini ditingkatkan dari model terdahulu.

Suspensi belakang tersebut kini punya pengaturan kekerasan. Pengendara bisa mengatur tingkat kekerasan yang diinginkan saat berkendara. Jadi bisa diseting sesuai beban bawaan/boncengan atau kondisi jalan.

Cara mengaturnya juga cukup sederhana cukup memakai obeng standar tools kit dan diputar.

Bagasi

Selain itu fitur yang cukup penting tapi sering kali diabaikan adalah laci atau console box. Untuk di sebelah kiri, console box NMAX ini terdapat socket power charger untuk mengecas ponsel.

Kapasitasnya juga cukup luas. Mampu menampung satu botol air mineral ukuran 330 ml. Jadi saat mengecas ponsel, tak perlu khawatir ponsel akan terjatuh saat motor melewati permukaan jalan yang tidak rata.

Console box alias ruang penyimpanan sebelah kanan juga cukup luas kapasitasnya. Selain itu, dibuat kedap air dengan penutup. Adapun bagian bagasi juga tetap masih luas seperti yang ada di Nmax lama.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/05/141206115/ini-deretan-fitur-yamaha-nmax-yang-bikin-nyaman-buat-touring

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke