Jangan Sampai Menyesal Biarkan Wiper Getas Menggesek Jendela Mobil

Kompas.com - 05/11/2021, 12:02 WIB
Ilustrasi berkendaraa saat hujan. CarGuide.PHIlustrasi berkendaraa saat hujan.

JAKARTA, KOMPAS.comWiper merupakan komponen mobil yang perlu diganti secara rutin. Usia pakai wiper berkisar antara enam bulan sampai satu tahun saja.

Tapi sayangnya, ada saja pengguna mobil yang kurang sadar akan kondisi wipernya. Jadi ketika sudah melewati usia pakai, atau kemampuan menyapu airnya berkurang, wiper tetap memakai yang lama, tidak diganti.

Lalu apa efeknya jika memakai wiper yang kondisinya sudah tidak baik?

Baca juga: Kronologi Kecelakaan Tunggal Mobil Vanessa Angel

Karet Wiper toyotadisamarinda.com Karet Wiper

Maria Kayla Augusta, Channel Marketing Officer Bosch Automotive Indonesia mengatakan, wiper sangat berkaitan dengan keamanan berkendara. Mengingat fungsi wiper yang menyapu air di kaca depan, tentu berpengaruh kepada visibilitas pengemudi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Efeknya, bisa menyebabkan penurunan pandangan saat berkendara di hujan. Kemudian kalau karet sudah getas, bakal mengganggu karena mengeluarkan bunyi dan meninggalkan jejak air yang sulit dihapus di kaca,” ucapnya dalam acara Bosch Bengkel Talks, Kamis (4/11/2021).

Baca juga: Berikut Harga BBM Shell dan Pertamina per November 2021

Kayla menyarankan untuk mengambil langkah preventif, yaitu dengan mengganti wiper secara rutin. Jika mulai masuk musim hujan, ganti wiper lama dengan yang baru. Kemudian ganti lagi tahun depan ketika baru mau masuk musim hujan.

Ganti wiper setahun sekali itu sudah cukup. Tetap waspadai indikasi wiper mulai tidak bekerja dengan baik, seperti ketika sapuan wiper masih menyisakan garis-garis air di kaca,” ucap Kayla.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.