Ini Tips Mengemudi Sebelahan dengan Truk Kontainer

Kompas.com - 01/11/2021, 15:22 WIB
Ilustrasi berkendara mobil SHUTTERSTOCKIlustrasi berkendara mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejadian kecelakaan lalu lintas yang melibatkan truk kontainer di dalam negeri beberapa waktu belakangan tak ayal membuat pengendara kendaraan gusar. Apalagi, saat melaju di lintasan bebas hambatan alias tol.

Pasalnya, tak sedikit dari kecelakaan yang terjadi berakibat fatal sampai bisa merenggut nyawa pengemudi maupun penumpang di mobil.

Meski demikian, pengemudi bisa meminimalisir potensi bahaya jika mampu mengemudi dengan baik saat bersebelahan dengan truk kontainer. Tentu, lebih baik mengalah dan mengambil jarak cukup jauh agar selalu aman.

Baca juga: Syarat Perjalanan Baru Moda Transportasi Darat, Umum dan Pribadi

Kecelakaan maut di Jalan Wates-Purworejo tepatnya di kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, pukul 03.20 WIB antara Bus Sugeng Rahayu Jurusan Surabaya-Bandung dengan truk kontainer. Dua tewas dan tiga luka ringan maupun serius dalam kecelakaan ini.KOMPAS.COM/DANI JULIUS Kecelakaan maut di Jalan Wates-Purworejo tepatnya di kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, pukul 03.20 WIB antara Bus Sugeng Rahayu Jurusan Surabaya-Bandung dengan truk kontainer. Dua tewas dan tiga luka ringan maupun serius dalam kecelakaan ini.

"Itu hal pertama yang harus selalu diterapkan. Beri ruang berjarak 2 sampai 3 mobil dengan truk kontainer di depan. Bila bersebelahan, pastikan berada di sisi kanannya," kata Aftersales Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara, Senin (1/11/2021).

Adanya jarak aman berguna memberikan ruang pengereman atau menghindar jika terjadi manuver dan kondisi berbahaya. Terlebih pada kendaraan seperti truk kontainer memiliki jarak pengereman yang tidak seperti mobil pribadi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selanjutnya adalah jangan pernah mendahului dari sisi kiri. Sebab kendaraan besar tersebut akan sangat sulit memantau posisi mobil yang lebih kecil yang mendahului dari sisi kirinya.

"Mendahului truk kontainer dari sebelah kiri berpotensi tabrakan samping dan tabrakan beruntun. Terlebih jalur kiri yang digunakan adalah bahu jalan, hal itu tidak diperbolehkan," lanjut dia.

Hal serupa juga diungkapkan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Justri Pulubuhu dalam kesempatan terpisah. Mengingat, ruas kanan pada jalur bebas hambatan untuk mendahului.

Baca juga: Besok, Bus BTS Transpakuan Bogor Siap Beroperasi

Truk kontainer menabrak portal di bawah jembatan layang Grogol, Jakarta Barat, Senin (2/12/2019) siangSuku Dinas Perhubungan Jakarta Barat Truk kontainer menabrak portal di bawah jembatan layang Grogol, Jakarta Barat, Senin (2/12/2019) siang

"Jika hendak mendahului, pastikan gunakan dari sisi kanan truk tersebut. Beri tanda sein, lampu atau klakson agar pengemudi truk kontainer mengetahui keberadaan Anda yang hendak mendahului," kata dia.

Sebelum mendahului, pastikan pula marka jalan dan kondisi memungkinkan untuk manuver. Bila marka jalan tidak putus-putus artinya pengemudi tidak diperkenankan mendahului sampai ada marka putus.

Pastikan pula kondisi kendaraan dari arah berlawanan atau arah belakang dalam kondisi aman untuk mendahului. Jika memang ada rambu larangan untuk mendahului maka patuhi selalu.

"Mendahului truk kontainer tak seperti mendahului kendaraan kecil. Anda perlu akselerasi yang baik karena dimensi kendaraan tersebut tergolong panjang," lanjutnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.