Toyota Tegaskan Mulai Produksi Mobil Hybrid Tahun Depan

Kompas.com - 30/10/2021, 08:02 WIB
Ilustrasi mobil listrik Toyota CARSCOOPS.comIlustrasi mobil listrik Toyota

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Indonesia menegaskan kesiapannya untuk memproduksi kendaraan bermotor listrik di dalam negeri mulai tahun depan, sejalan dengan rencana elektrifikasi pemerintah RI.

Tahap pertama, teknologi yang akan diadopsi ialah hibrida atau hybrid karena pasar Indonesia diklaim membutuhkan masa transisi dalam menuju kendaraan ramah lingkungan berbasis baterai.

"Komitmen kita, pada 2022 akan ada suatu produk hybrid local production. Harapannya, bisa memberi produk yang lebih cocok untuk masyarakat di Indonesia dengan harga terjangkau," kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmy Suwandi, Jumat (29/10/2021).

Baca juga: Toyota Siapkan Kejutan Jelang GIIAS 2021, Avanza Baru?

Perjalanan test drive jajaran mobil hybrid dan PHEV Toyota, dari Banyuwangi-Bali, 9-11 Oktober 2019.CUTENK Perjalanan test drive jajaran mobil hybrid dan PHEV Toyota, dari Banyuwangi-Bali, 9-11 Oktober 2019.

"Ke depan, produk seperti ini akan menjadi suatu yang kita unggulkan dalam meningkatkan era elektrifikasi dan mengurangi emisi CO2," lanjut dia.

Hanya saja, Anton masih menutup keran informasi mengenai produk ataupun model yang akan diberikan teknologi terkait.

Adapun saat ini, Indonesia memang telah memasarkan sejumlah mobil listrik baik berteknologi hybrid electric vehicle (HEV), plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), sampai battery electric vehicle (BEV).

Namun, seluruh produk tersebut masih berstatus impor secara utuh atau lengkap alias completely built-up (CBU) dari negara asal seperti Jepang, Thailand, maupun Korea Selatan.

"Rata-rata produk elektrifikasi itu CBU, baik Toyota dan Lexus ada yang dari Thailand, Jepang, tapi ke depan kita sudah komitmen, kita buat produk ramah lingkungan yang lebih terjangkau," kata Anton.

Baca juga: Toyota Akan Hadirkan Kendaraan Elektrifikasi di Tiap Line-up

Pabrik Toyota Australia.Motoring.com.au Pabrik Toyota Australia.

"Tahun depan lokalisasi CKD untuk produk elektrifikasi juga. Mudah-mudahan dengan ada localize ini win-win, customer juga dapat produk yang lebih sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia," tambahnya.

Secara umum, hingga saat ini, Toyota Indonesia telah memiliki 10 model mobil elektrifikasi mulai dari HEV, PHEV, hingga BEV.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.