Sopir Bus Agresif Terobos Lampu Merah, Membahayakan!

Kompas.com - 28/10/2021, 10:02 WIB
Bus terobos lampu merah INSTAGRAM/DASHCAM_OWNERS_INDONESIABus terobos lampu merah

JAKARTA, KOMPAS.com – Kelakuan pengemudi bus di Indonesia bisa dibilang agresif di jalan. Beberapa pelanggaran seperti mengambil jalur orang lain atau menerobos lampu merah kerap dilakukan.

Misalnya seperti yang terekam pada video yang diunggah akun dashcam owners Indonesia di Instagram. Pada video tersebut, terlihat bus yang menerobos lampu merah, beruntung tidak ada kendaraan lain yang ditabrak bus tersebut.

Menanggapi kelakuan pengemudi bus yang seperti tadi, Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, pengemudi bus kerap melanggar aturan lalu lintas dan tidak memerhatikan kaidah-kaidah keselamatan di jalan.

Baca juga: Rossi Ungkap 3 Rival Terberatnya, Tak Ada Nama Marquez

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Mereka punya beberapa faktor, seperti dikejar ritase, letih dan ingin cepat sampai, merasa tanggung karena bus butuh momen ketika stop and go. Serta kebiasaan jelek yaitu mengemudi mengandalkan asumsi,” ucap Sony kepada Kompas.com, Rabu (27/10/2021).

Faktor yang tadi disebutkan membuat para pengemudi bus ini agresif, sehingga menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya. Tentunya hal tersebut sangat berbahaya, apalagi di persimpangan jalan di mana banyak kendaraan dari arah lainnya.

Baca juga: Antisipasi Libur Nataru, Pembatasan Mobilitas Bakal Berlaku Lagi?

“Pengemudi seperti ini harus segera ditindak untuk ditertibkan atau kecelakaan menanti,” ucap Sony.

Sony memberikan pesan kepada para pengemudi bus, coba lah untuk berpikir dengan akal sehat sebelum bertindak. Jika salah bertindak dan berbuah pelanggaran atau kecelakaan, yang rugi bukan dia sendiri, melainkan keluarga yang di rumah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.