Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisa Selamat dari Indisen Highside, Marquez Sebut Beruntung

Kompas.com - 24/10/2021, 11:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez kembali melakukan aksi luar biasa. Pada MotoGP Emilia Romagna, dia berhasil menyelamatkan dirinya saat terjadi highside, Sabtu (23/10/2021).

Highside merupakan momen di mana ban belakang tidak mendapat grip saat keluar tikungan. Lalu, ban belakang meluncur ke arah yang berlawanan saat menikung.

Seketika ban mendapatkan grip, sehingga membuat bagian belakang dan pengendaranya terpelanting.

Momen tersebut terjadi pada Marquez saat sesi kualifikasi Q2. Saat akan keluar dari tikungan 2, Marquez mengalami highside. Hebatnya, dia mampu bertahan di atas motornya dengan mencengkram kuat setang RC213V.

Baca juga: Marc Marquez Sebut Tak Peduli Hubungannya dengan Rossi

"Itu momen besar, penyelamatan yang besar. Penyelamatan itu hanya beruntung, saya tidak bisa bilang saya melakukannya, itu hanya beruntung," ujar Marquez, dikutip dari Crash.net, Minggu (24/10/2021).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

Marquez mengaku, setelah kejadian tersebut, bahu kanannya mengalami kesakitan yang luar biasa sekitar 30 detik. Tapi, setelah itu dia mampu menyelesaikan sesi kualifikasi.

Highside tersebut terjadi juga karena temperatur ban belakang yang belum benar-benar optimal. Sehingga, ketika dipaksa untuk berakselerasi, akan kehilangan grip.

Baca juga: Shoei Rilis Replika Helm Marc Marquez Cuma 93 Unit

"Itu adalah salah satu masalah yang kami alami tahun ini. Jika Anda mengecek beberapa balapan dengan temperatur tinggi, kami bisa membalap dengan baik, karena kami kesulitan untuk membangun temperatur pada ban, khususnya ban belakang," kata Marquez.

Maka itu, sering kali dalam balapan Marquez mengaku lebih memilih untuk menggunakan ban tipe soft, agar temperaturnya cepat optimal. Selain itu, dia juga mengaku kesulitan tiap melewati bagian sirkuit tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com