Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mick Doohan Pacu Semangat Marc Marquez supaya Kembali seperti Semula

Kompas.com - 15/10/2021, 11:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


AUSTN, KOMPAS.com - Legenda balap motor GP500 Mick Doohan memperingatkan Marc Marquez bahwa dia harus kembali ke kondisi semula lebih cepat, sebab pebalap lain makin cepat.

Menurut pebalap Repsol Honda era 90'an itu, Marc sudah terlalu lama tidak berkutat dengan petarungan di kelas premier. Meski pada MotoGP 2021 Marc berhasil menang dua kali.

Baca juga: Panduan Cara Parkir Standar Tengah Motor buat Perempuan

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Austria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP)JOE KLAMAR Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Austria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP)

"Olahraga tidak pernah menunggu siapa pun, dia (Marquez) sudah terlalu lama absen dan para pebalap mengevaluasi kembali sendiri minggu kemudian minggu," katanya mengutip Tuttomotoriweb, Kamis (14/10/2021).

Sejak Marc memulihkan cedera, telah muncul beberapa nama yang bakal jadi rival kuat di musim mendatang. Mulai dari Fabio Quartararo, Pecco Bagnaia, Joan Mir, hingga Jorge Martin.

Selain itu satu yang mesti diperhatikan ialah semuanya memanfaatkan kondisi fisik Marc yang masih genting, meskipun kemenangannya di Austin merupakan cerita tersendiri.

Baca juga: Sebelum Dibawa ke Indonesia, Produk Chery Ini Dites Secara Ekstrem

Mick Doohan di atas motor balap 500 cc 2-takFRANCIS SILVAN Mick Doohan di atas motor balap 500 cc 2-tak

Doohan sendiri tahu betul mengenai cedera dan konsekuensi fisik dan psikologis yang ditimbulkannya pada pebalap.

Sebelumnya legenda balap motor Kevin Schwantz mengatakan hal serupa, yaitu trauma soal kecelakaan tetap membekas di kepala Marc selamanya dan tidak akan pernah hilang.

"Cedera itu tetap ada di kepala seorang pebalap, Anda dapat mendorongnya menjauh, mungkin menghindari memikirkannya, tetapi dia tetap ada bahkan ketika tubuh sembuh," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com