Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatian Marc Marquez buat Pebalap Muda yang Tewas

Kompas.com - 13/10/2021, 17:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


CERVERA, KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda Marc Marquez memberikan trofi podium yang diraihnya di GP Aragon 2021 kepada keluarga Hugo Millan yang meninggal pada Juli lalu saat balapan.

Sebelum GP Aragon, para pebalap MotoGP mengheningkan cipta selama satu menit. Marc mengatakan akan berusaha tampil terbaik dan akhirnya finis di posisi kedua di belakang Francesco Bagnaia.

Baca juga: IMI Dorong Indonesia Punya Berbagai Sikuit Kelas Dunia

Hugo Millan Foto: motorcyclesports.net Hugo Millan

Awalnya Marc tidak mengumumkan jika podium bakal memberikan trofi itu kepada keluarga Hugo Millan. Namun kini diketahui bahwa Marc menyerahkan trofi di Aragon kepada keluarga Millan.

"Hugo, ketika keluarga MotoGP memberi penghormatan kepada Anda di Aragon, saya berkata pada diri sendiri bahwa saya akan memberikan segalanya untuk mencapai podium sehingga saya bisa memberikan trofi kepada keluarga Anda. Beristirahatlah dengan tenang, juara," kata Marc dikutip dari Motorsport-Total, Rabu (13/10/2021).

Hugo Millan meninggal setelah mengalami kecelakaan tragis pada Minggu (25/7/2021), di Kejuaraan European Talent Cup (FIM CEV) di Sirkuit MotorLand Aragon, Spanyol.

Baca juga: Masih Uji Tipe, Peluncuran Motor Listrik Bamsoet Mundur Akhir Tahun

Hugo Millan Foto: FIM CEV Repsol Hugo Millan

Pebalap berusia 14 tahun itu jatuh dari motor saat ketika masuk tikungan 5 saat balapan masih tersisa 13 lap. Milan terpelanting di tengah trek saat kondisi masih banyak pebalap di belakangnya.

Millan cedera hebat bukan karena terjatuh, melainkan tertabrak pebalap asal Polandia, Milan Leon Pawelec, yang tidak punya waktu untuk menghindar saat dia mulai berdiri untuk menyingkir dari trek.

Kejadian itu membuat bendera merah langsung berkibar. Millan kemudian diterbangkan ke Rumah Sakit Zaragoza, tapi upaya keras petugas medis tidak dapat menyelamatkan nyawanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com