Kompas.com - 20/10/2021, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia diberi status "ketidakpatuhan" oleh World Anti-Doping Agency (WADA) atau Badan Anti-Doping Dunia. Status tersebut cukup berdampak bagi Indonesia.

Sebab, konsekuensinya adalah Indonesia tidak bisa mengadakan acara olahraga atau kejuaraan apapun, baik regional, nasional, maupun internasional.

Baca juga: Motor Peserta Asia Talent Cup Sampai di Mandalika, Intip Speknya

Selain itu, bendera Merah Putih yang merupakan bendera nasional Indonesia juga tidak diperbolehkan untuk dikibarkan dalam acara olahraga selain di ajang Olimpiade.

Pebalap Indonesia berjuang pada seri pertama Asia Talent Cup (ATC) 2021 di Sirkuit Losail, QatarDok. AHM Pebalap Indonesia berjuang pada seri pertama Asia Talent Cup (ATC) 2021 di Sirkuit Losail, Qatar

Contohnya, seperti yang sudah terjadi belum lama ini. Tim bulu tangkis putra Indonesia berhasil membawa pulang Piala Thomas 2020, tapi bendera Merah Putih tidak berkibar di podium.

Ajang balap internasional yang pertama kali akan diadakan di Sirkuit Mandalika adalah Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021. Pada kejuaraan ini, ada empat pebalap muda Indonesia yang ikut berkompetisi.

Baca juga: Selain WSBK dan MotoGP, Sirkuit Mandalika Bakal Gelar Asia Talent Cup

Jika salah satunya berhasil naik podium, maka sesuai dengan sanksi yang diberikan oleh WADA, maka bendera Merah Putih juga tidak diizinkan untuk berkibar.

Para pebalap Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021Dok. ATC Para pebalap Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021

Namun, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo, mengatakan, dirinya akan memastikan bahwa bendera Merah Putih dapat berkibar di Mandalika.

"Walaupun ada ganjalan-ganjalan kecil yang kita hadapi hari ini, tapi jangan khawatir, saya pastikan bendera Merah Putih nanti tetap berkibar di Mandalika," ujar pria yang akrab disapa Bamsoet tersebut, di Jakarta, Selasa (19/10/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.