Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bamsoet Pastikan Bendera Merah Putih Berkibar di Mandalika

Kompas.com - 20/10/2021, 08:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia diberi status "ketidakpatuhan" oleh World Anti-Doping Agency (WADA) atau Badan Anti-Doping Dunia. Status tersebut cukup berdampak bagi Indonesia.

Sebab, konsekuensinya adalah Indonesia tidak bisa mengadakan acara olahraga atau kejuaraan apapun, baik regional, nasional, maupun internasional.

Baca juga: Motor Peserta Asia Talent Cup Sampai di Mandalika, Intip Speknya

Selain itu, bendera Merah Putih yang merupakan bendera nasional Indonesia juga tidak diperbolehkan untuk dikibarkan dalam acara olahraga selain di ajang Olimpiade.

Pebalap Indonesia berjuang pada seri pertama Asia Talent Cup (ATC) 2021 di Sirkuit Losail, QatarDok. AHM Pebalap Indonesia berjuang pada seri pertama Asia Talent Cup (ATC) 2021 di Sirkuit Losail, Qatar

Contohnya, seperti yang sudah terjadi belum lama ini. Tim bulu tangkis putra Indonesia berhasil membawa pulang Piala Thomas 2020, tapi bendera Merah Putih tidak berkibar di podium.

Ajang balap internasional yang pertama kali akan diadakan di Sirkuit Mandalika adalah Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021. Pada kejuaraan ini, ada empat pebalap muda Indonesia yang ikut berkompetisi.

Baca juga: Selain WSBK dan MotoGP, Sirkuit Mandalika Bakal Gelar Asia Talent Cup

Jika salah satunya berhasil naik podium, maka sesuai dengan sanksi yang diberikan oleh WADA, maka bendera Merah Putih juga tidak diizinkan untuk berkibar.

Para pebalap Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021Dok. ATC Para pebalap Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021

Namun, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo, mengatakan, dirinya akan memastikan bahwa bendera Merah Putih dapat berkibar di Mandalika.

"Walaupun ada ganjalan-ganjalan kecil yang kita hadapi hari ini, tapi jangan khawatir, saya pastikan bendera Merah Putih nanti tetap berkibar di Mandalika," ujar pria yang akrab disapa Bamsoet tersebut, di Jakarta, Selasa (19/10/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com