Tips untuk Pemula Saat Mengemudikan Mobil Transmisi Matik

Kompas.com - 19/10/2021, 07:12 WIB
Rem mobil matik Stanly/OtomaniaRem mobil matik

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil dengan transmisi otomatis memang menjadi pilihan banyak orang sekarang ini. Populasinya juga semakin banyak lantaran kemudahan berkendara khususnya di daerah perkotaan.

Pengemudi cukup mengoperasikan pedal gas dan rem tanpa harus menginjak kopling dan mengganti gigi.

Baca juga: Mandalika Street Circuit Diklaim Jadi Trek Paling Canggih

Namun dibalik kemudahannya, ada beberapa hal yang patut diperhatikan bagi pengguna mobil matik pemula. Baik mereka yang baru beralih dari mobil manual atau sama sekali baru selesai belajar mengemudi.

Pasalnya tidak jarang ada kejadian pengemudi salah menginjak pedal gas sehingga justru menimbulkan kecelakaan yang merugikan diri sendiri atau pengguna jalan lainnya.

Beda dan fungsinya tuas transmisi mobil matik Beda dan fungsinya tuas transmisi mobil matik

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, sebelum mengemudikan mobil, pengemudi wajib kompeten terhadap mobil yang akan dikendarainya.

“Dia harus berlatih terlebih dahulu bagaimana skill knowledge dan attitude saat mengemudikan mobil matic,” kata Marcell kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Jadi Tuan Rumah WSBK dan MotoGP, Bendera Indonesia Dilarang Berkibar

Dengan mengetahui dan memahami tipe kendaraan yang digunakan, Marcell mengatakan resiko kesalahan-kesalahan kecil yang bisa berakibat fatal dapat dihindari.

“Seperti salah menginjak pedal (gas dan rem) bisa dihindari. Akan tetapi kebanyakan pengemudi mobil matik itu menggampangkan,” ucapnya.

Namun ada juga yang mengatakan bahwa orang yang sudah mahir mengemudikan mobil manual pasti bisa mengendarai mobil matik. Namun perlu adanya pelatihan untuk membiasakan diri ketika mengemudikan mobil dengan transmisi otomatis.

Kenali cara kerja shift lock di mobil matik Kenali cara kerja shift lock di mobil matik

“Namun masalah kebiasaan wajib diberikan waktu adaptasi yang cukup sehingga memori otot manusia bisa terbiasa mengemudi mobil matik,” kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.