Kecelakaan Truk Trailer Terjadi Lagi, Ini Beberapa Masalahnya

Kompas.com - 19/10/2021, 13:01 WIB
Sebuah truk trailer bermuatan besi tua terbalik di simpang susun Cawang (KM 0 Cawang Interchange), Jakarta, arah Cikampek, Selasa (19/10/2021) pagi. Tmc polda metroSebuah truk trailer bermuatan besi tua terbalik di simpang susun Cawang (KM 0 Cawang Interchange), Jakarta, arah Cikampek, Selasa (19/10/2021) pagi.

JAKARTA, KOMPAS.comKecelakaan yang melibatkan truk trailer belakangan ini sering terjadi. Misalnya seperti di Cipularang, truk trailer menimpa Hyundai Palisade, selain itu ada juga Toyota Fortuner yang tertimpa truk trailer yang terguling.

Pagi ini, baru juga kejadian truk trailer yang terguling di Simpang Susun Cawang. Truk yang menutupi jalan ini membuat kemacetan yang parah menuju Cikampek, jadi harus dialihkan ke Jagorawi.

Mengenai ramainya kecelakaan yang melibatkan truk trailer, ada beberapa masalah yang sering ditemui pada truk panjang ini di Indonesia. Ada beberapa temuan yang sering terlihat pada truk trailer yang banyak berjalan di Indonesia.

Baca juga: Viral, Video Emak-emak Dasteran Terabas Tanjakan Terjal

Kecelakaan truk terguling yang menimpa Hyundai Palisade di Tol Cipularang (16/10/2021).Screenshot Instagram @infobandungkota Kecelakaan truk terguling yang menimpa Hyundai Palisade di Tol Cipularang (16/10/2021).

Ahmad Wildan, Senior Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengatakan, truk trailer adalah kendaraan ganda yang sistem pengeremannya berbeda dibanding kendaraan tunggal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Di truk trailer ada dua sistem rem, rem tractor head (kepala truk) dan rem trailer. Sumber anginnya tetap satu dari tractor head yang didistribusikan ke trailernya,” ucap Wildan kepada Kompas.com, Selasa (19/10/2021).

KNKT sering menemui beberapa trailer yang hanya dilengkapi sistem rem pada tractor head-nya saja. Jadi trailernya tidak memiliki rem dan ini sering ditemui di sekitar kawasan pelabuhan Tanjung Priok.

Baca juga: Begini Efeknya jika Mencampur Nitrogen dengan Udara Biasa pada Ban

“Saya juga menemukan beberapa trailer yang tidak dilengkapi dengan emergency brake. Efeknya, saat rem tangan truk ditarik, trailer masih mendorong tractor head,” kata Wildan.

Selain itu, masih sering juga ditemui tractor head yang tidak sesuai dengan trailer yang dia tarik. Misalnya untuk tractor head enam roda, menarik trailer 40 feet, ini seharusnya tidak boleh, karena tidak akan kuat ketika menemui tanjakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.